Ini 9 Kota di Indonesia yang Terjangkau Jaringan 5G Tahun 2021

Ilustrasi: Samsung Galaxy M52 5G yang dibekali baterai besar 5.000mAh, RAM Plus, layar kelas flagship dengan touch rate 240Hz, dan memori 128GB.(dok. samsung)

SOLUSINEWS.ID – Jaringan 5G merupakan jaringan seluler generasi kelima yang menawarkan kecepatan internet dari generasi sebelumnya yatiu 4G.

Jaringan 5G menjanjikan kecepatan yang dapat membuat internet seluler setara dengan Wi-Fi.

Di Indonesia, jaringan 5G baru hadir tahun 2021 dan sementara hanya ada 3 operator telekomunikasi selular yang mengantongi izin operasi komersil 5G dari Kementerian Kominfo RI.

Ketiga operator lawas dan terbesar yang mendapat izin layanan jaringan 5G di Indonesia tersebut, Telkomsel, Indosat, dan XL Axiata.

Bacaan Lainnya

Saat ini operator selular penyedia jaringan 5G masih menerapkan skema berbagi jaringan (network sharing) yang diatur pemerintah dalam Undang-undang Omnibus Law Cipta Kerja.

Saat ini sedikitnya baru 9 wilayah kota besar di Indonesia yang bisa menikmati layanan komersil jaringan 5G. Sembilan kota tersebut yaitu :

  1. Bandung
  2. Batam
  3. Balikpapan
  4. Denpasar
  5. Jabodetabek
  6. Makassar
  7. Medan
  8. Surakarta
  9. Surabaya

Pemerintah merencanakan semua provinsi di Jawa dan lima destinasi wisata prioritas di Indonesia sudah bisa terjangkau jaringan 5G pada tahun 2023.

Sementara lokasi manufaktur dan ibu kota negara baru di Pulau Kalimantan diencanakan mendapatkan jaringan 5G pada tahun 2024.

Pemerintah mengatur implementasi jaringan 5G melalui Peraturan Menteri Nomor 2 Tahun 2021.

Dalam aturan itu, ada 13 wilayah yang akan mendapat jaringan 5G pertama di Indonesia.

Berdasarkan data yang dihimpun akhir November 2021 dari situs katadata.co.id, berikut operator penyedia jaringan 5G dan kota yang dilayani

  • XL Axiata: Jakarta, Bandung, Surabaya, dan Yogyakarta
  • Telkomsel: Jakarta, Tangerang, Medan, Surakarta, Balikpapan, Surabaya, Makassar, Bandung, Batam, dan Denpasar.
  • Indosat: Jakarta, Solo, Surabaya, Balikpapan, dan Makassar.(*)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *