Jalin Kerjasama yang Baik dengan Peradilan, Ketua MA Puji Wali Kota Danny Pomanto

Foto bersama di acara peresmian PTSP Pengadilan Negeri Makassar Kelas IA Khusus.(*)

MAKASSAR, SOLUSINEWS.ID — Ketua Mahkamah Agung RI Prof M Syarifuddin memuji Wali Kota Makassar Moh Ramdhan Pomanto karena menyempatkan diri hadir dalam kunjungan kerja MA di Makassar, Jumat (7/7/2023).

“Pak Wali bersama Forkompinda menyempatkan waktu untuk hadir di sini, kami berterimakasih sekali.

Ini suatu pertanda bagi kami bahwa antara pemerintah daerah setempat punya kerjasama yang baik dengan peradilan disini,” kata Syarifuddin pada sela-sela acara peresmian PTSP Pengadilan Negeri Makassar Kelas IA Khusus.

Syarifuddin menjelaskan PTSP merupakan langkah badan peradilan untuk mewujudkan pelayanan prima kepada para pencari keadilan dengan zero Kolusi Korupsi dan Nepotisme (KKN).

Bacaan Lainnya

Syarifuddin mengharapkan layanan di PTSP bukan hanya administrasi umum tetapi administrasi khusus juga, “Teknis judicial juga bisa,” katanya.

Olehnya, pengunjung tidak langsung masuk ke dalam tetapi cukup di pelayanan terpadu satu pintu itu, terbuka dan dapat dilihat oleh siapapun.

Bahkan, PTSP bisa dipantau oleh ketua pengadilan dari ruang kerjanya. “Waktunya pun terbuka real-time, anytime dapat diketahui apa yang terjadi,” lanjutnya.

Model PTSP tersebut bisa dikoneksikan dengan model MPP yang sudah diterapkan pemda sehingga bentuk pelayanan makin mudah dan terintegrasi.

“Dengan berlakunya IT, maka hanya satu kali tombol saja berkas itu sudah masuk ke Mahkamah Agung,” sebutnya.

Sementara Wali Kota Danny Pomanto, sapaan akrab Moh Ramdhan Pomanto, menyambut baik tawaran kolaborasi peradilan dengan pemkot.

Sebelumnya, pemkot juga siap mengakomodasi pelayanan publik bagi Pengadilan Negeri (PN) Makassar Kelas 1A Khusus di Makassar Government Center (MGC).

MGC direncanakan tuntas pembangunannya tahun 2023. MGC memberikan ruang (space) untuk PN Makassar dalam menunjang pelayanan masyarakat di Makassar.

MGC itu akan memiliki fasilitas Mal Pelayanan Publik (MPP), Mal Inovasi, Mal Investasi, hingga Mal UMKM.

Nantinya akan disiapkan ruang buat Pengadilan Negeri Makassar.(*)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *