Kuliner Laha Bete Dilombakan, Ketua PKK Sinjai A Nurhilda DS Jadi Juri Kehormatan

Ketua Tim Penggerak PKK Sinjai, Hj Andi Nurhilda Daramata Seto, turun memberikan penilaian penjurian dalam lomba membuat kuliner khas Sinjai, Laha Bete, di pendopo Rumah Jabatan Bupati Sinjai, Sabtu (18/2/2023).(*)

SINJAI, SOLUSINEWS.ID – Ketua Tim Penggerak PKK Sinjai, Hj Andi Nurhilda Daramata Seto, turun memberikan penilaian penjurian dalam lomba membuat kuliner khas Sinjai, Laha Bete, di pendopo Rumah Jabatan Bupati Sinjai, Sabtu (18/2/2023).

Ajang lomba kuliner ini digelar Dinas Perdagangan, Perindustrian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Sinjai sekaligus sebagai langkah promosi kuliner khas di Kabupaten Sinjai.

Selain Andi Nurhilda, turut menjadi juri yaitu owner IKM Bakso Tenggiri, Risda, dan Ketua Dharma Wanita Persatuan (DWP) Sinjai Hj Kamriah.

Ketua Tim Penggerak PKK Sinjai, Hj Andi Nurhilda Daramata Seto, sendiri ditunjuk sebagai juri kehormatan.

Bacaan Lainnya

Kepala Dinas Perindag dan ESDM, Muh Saleh, menyebutkan lomba tersebut diikuti 21 peserta dari utusan sejumlah organisasi perangkat daerah (OPD) dan kecamatan di Sinjai.

“Lomba ini kami laksanakan untuk menyemarakkan Semarak Februari Hari Jadi Sinjai Tahun 2023, juga untuk memperkenalkan kecintaan terhadap makanan tradisional yang kita miliki,” ujarnya.

“Pesertanya sangat antusias terima kasih banyak teman-teman OPD dan Kecamatan yang telah berpartisipasi,” tambahnya.

Lomba ini turut dihadiri Ketua Persit Kartika Candra Kirana, Ketua Dharmayukti Karini, Ketua Ikawan Sinjai, Ketua Bhayangkari, Ketua Adiyaksa Darma Karini, Ketua Pengadilan Agama.

Nama kuliner Laha Bete juga dijadikan sebuah lagu dengan syair berbahasa Bugis.

Syair tersebut secara konsep sebagai elong ugi yang terdiri dari beberapa bait dan makna khusus yang menunjukkan potensi kuliner Sinjai.

Pada Tahun 2022, kuliner tradisional Sinjai tersebut mendapat sertifikat sebagai Warisan Budaya Tak Benda (WBTB) Nasional oleh Kemendikbud Ristek RI.(*)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *