PC IMM Barru Bekali Anggotanya dengan Pelatihan Jurnalistik

Kegiatan Pelatihan Jurnalistik digelar PC IMM Barru.(*)

MAKASSAR, SOLUSINEWS.ID – Pimpinan Cabang Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah Barru (PC IMM Barru) menyelenggarakan pelatihan jurnalistik.

Pelatihan ini dilangsungkan selama sehari, Sabtu (6/8/2022), mengusung tema “Mengabarkan Ikatan untuk Indonesia”.

Kegiatan ini berlangsung di Ruang Data Pustaka, Kantor Bupati, Barru, Sulawesi Selatan.

Immawan Firman Ali selaku ketua panitia mengatakan, pelatihan ini diikuti oleh sejumlah kader Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah dan Gabungan Pemuda Pelajar Mahasiswa Barru (Gappembar).

Bacaan Lainnya

Ada juga beberapa tamu undangan yang turut hadir dalam pelatihan kali ini.

Pelatihan tersebut merupakan program kerja dari Bidang Media dan Komunikasi PC IMM Barru dengan Adinda Nurul Istiqamah selaku ketua bidang pada periode kali ini.

“Tujuan diadakannya kegiatan ini supaya kader-kader IMM dan para mahasiswa bisa menambah pengetahuan tentang jurnalistik serta dapat mengelola dan merespon informasi dengan bijak di era digital,” ujarnya.

Sementara Immawan Afis selaku ketua PC IMM Barru mengharapkan pelatihan kali ini dapat membangkitkan semangat untuk para kader dalam mengabarkan segala kegiatan IMM Barru.

Kegiatan menarik yang diselenggarakan PC IMM tersebut menghadirkan pemateri- pemateri yang sangat cakap dan sangat berkompeten di bidangnya.

Ada 3 pemateri hebat yang dihadirkan oleh PC IMM Barru. Materi pertama diawali dengan Materi Dasar-Dasar jurnalistik yang disampaikan oleh Mudaksir S.Pd.,M.Pd.

Kemudian materi kedua dilanjutkan dengan Materi Teknik Wawancara dan Penulisan Berita yang disampaikan oleh Asriadi Rijal, S.Hi.

Kemudian di malam hari pada pukul 20:00 dilanjutkan dengan materi ketiga yaitu Materi Memahami Bahasa dan Kode Etik Jurnalistik yang disampaikan oleh Ramadhan.

Pada materi ketiga ini dilakukan secara online atau daring melalui google meet karena pemateri tidak dapat membersamai secara langsung di tempat berlangsungnya kegiatan.

Pelatihan ini berjalan dengan lancar, dibuktikan dengan banyaknya peserta yang melontarkan pertanyaan kepada para pemateri dan feedback pemateri yang sangat baik serta memberikan banyak tambahan wawasan kepada para pesertanya.

Kegiatan ini ditutup dengan panitia memberikan tugas akhir kepada para peserta yaitu membuat berita tentang pelatihan jurnalistik tersebut.

Tugas ini diberikan untuk mengukur sampai mana pemahaman peserta tentang berita dan kaidah-kaidah penulisan berita yang baik dan benar.

Pada acara penutupan pelatihan, Immawan Afis mengucapkan banyak terimakasih untuk semua orang yang telah terlibat dalam pelatihan jurnalistik kali ini.(*)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *