Pemkab Sinjai Akan Tambah Rp 500 Juta Bantuan SPP Mahasiswa

Bupati Sinjai A Seto Asapa

SINJAI, SOLUSINEWS.ID – Salah satu program unggulan Pemerintah Kabupaten Sinjai di bidang pendidikan adalah beasiswa bagi mahasiswa berprestasi.

Program ini telah berjalan sejak tahun 2019 lalu dibawah nahkoda Bupati Sinjai Andi Seto Asapa (ASA).

Pemkab Sinjai menyiapkan biaya kuliah berupa Sumbangan Pelaksanaan Pendidikan (SPP) di perguruan tinggi tempat mahasiswa penerima program beasiswa.

Penanggung Jawab program beasiswa Dinas Pendidikan Sinjai Muh Adli Arifin, Jumat (16/7/2021), tahun ini Pemkab Sinjai mengalokasikan anggaran sebesar Rp 600 juta.

Bacaan Lainnya

Jumlah itu membayarkan SPP bagi mahasiswa yang lolos sebagai penerima bantuan beasiswa pada tahun 2019 dan 2020.

Saat ini Pemkab Sinjai telah membayarkan SPP semester genap bagi mahasiswa Sinjai berprestasi sebesar Rp 268 juta untuk 57 orang meliputi jenjang Strata Satu (S1), Magister (S2), dan Doktor (S3).

“Jadi SPP adik-adik mahasiswa ini kita bayarkan setiap semester sampai tamat kuliah sesuai persyaratan yang sudah diatur dalam Perbup 33 tahun 2019,” jelasnya.

APBD Perubahan 2021

Sementara untuk pendaftaran penerimaan beasiswa tahun 2021 ini akan dijadwalkan setelah adanya penambahan anggaran dari APBD Perubahan tahun 2021.

“Kita butuh tambahan anggaran sekitar 500 juta rupiah untuk penerimaan beasiswa tahun ini termasuk program penyelesaian studi. Setelah ini dianggarkan dibuka pendaftarannya,” jelasnya.

Kuota program bantuan beasiswa mahasiswa berprestasi masih sama dengan tahun sebelumnya yakni 130 orang.

Jumah itu terdiri 100 orang untuk jenjang S1, 20 orang S2, dan 10 orang untuk program doktor (S3).

Bupati ASA menerangkan program ini merupakan bentuk perhatian pemerintah daerah kepada generasi muda di Sinjai agar bisa melanjutkan pendidikan ke jenjang lebih tinggi.

Selain itu bertujuan memotivasi pelajar Sinjai yang memiliki prestasi akademik maupun non akademik agar mampu melanjutkan pendidikan sesuai bakat/minatnya.

“Dengan semangat belajar yang tinggi untuk meraih prestasi tersebut secara otomatis akan melahirkan SDM yang handal,” kata ASA.(*)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *