Peternak Sapi di Sinjai Tawarkan Jual Antar ke Daerah Lain di Sulsel

ilustrasi daging sapi (wallpaperflare.com)

SINJAI, SOLUSINEWS.ID – Kabupaten Sinjai, Sulawesi Selatan, dikenal sebagai salah satu daerah penyuplai sapi potong ke sejumlah provinsi di Kawasan Timur Indonesia (KTI).

Sapi Sinjai umumnya didistribusikan ke Kalimantan Timur, Gorontalo, Sulawesi Barat, dan termasuk Kota Makassar di Sulsel. Jumlah sapi yang dikirim berkisar 3.000 ekor per tahun.

Permintaan sapi di Bumi Panrita Kitta, julukan Sinjai, ini pun kerap meningkat jelang Hari Raya Idul Adha atau lebaran haji setiap tahun.

Sekadar diketahui, Hari Raya Idul Adha 10 Zulhijah 1443 Hijriah jatuh pada Sabtu, 9 Juli 2022.

Bacaan Lainnya

Sektor peternakan di Kabupaten Sinjai memang merupakan salah program unggulan pemerintahan Bupati Sinjai Andi Seto Asapa (ASA).

Tak heran Pemkab Sinjai intens mengembangkan populasi dan produksi sapi dengan sejumlah program seperti Program Inseminasi Buatan (IB) atau kawin suntik.

sapi gemuk sinjai
ternak sapi milik warga di Sinjai, Sulsel.(ist)

Selain itu, membuat aplikasi jual beli sapi yaitu La Sapi di masa pandemi, serta mendorong masyarakat ikut program asuransi ternak khususnya bagi peternak sapi.

Kepala Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan (DPKH) Sinjai, Burhanuddin, beberapa waktu lalu mengatakan potensi dan minat masyarakat di Kabupaten Sinjai dalam mengembangbiakkansapi cukup besar.

Olehnya, Bupati ASA terus mendorong masyarakat peternak menangkap peluang melalui program yang dicanangkan pemerintah saat ini demi mendongrak populasi sapi.

jual sapi kurban
Sapi ternak milik warga di Sinjai Selatan, Sulsel.(ist)

Dalam memasarkan sapi ternaknya, sejumlah peternak sapi di Sinjai pun menawarkan layanan pengantaran baik lokal maupun ke luar Sinjai, khususnya di wilayah Sulsel, seperti Kota Makassar dan sekitarnya.

Apalagi menjelang Hari Raya Idul Adha, sapi asal Sinjai kerap jadi pilihan masyarakat di Makassar maupun daerah lain di Sulsel untuk dijadikan hewan kurban.

Jasa jual beli sapi dengan layanan pengantaran ke daerah pemesan ini salah satunya ditawarkan seorang peternak sapi di Desa Gareccing, Kecamatan Sinjai Selatan, Samba.

“Kami siapkan sapi-sapi kurban sehat dan gemuk. Siap antar ke Makassar juga kalau ada yang pesan,” ujar Samba, Selasa (21/6/2022).

Untuk informasi pemesanan sapi ternaknya, dapat menghubungi nomor kontak WA 0813-5539-1813.(*)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *