PT Masmindo Bantu Tingkatkan Skill Bidan dan Kader Kesehatan 5 Desa

Kegiatan itu diikuti 30 peserta terdiri dari bidan dan kader kesehatan dari desa sekitar yaitu Desa Ranteballa, Boneposi, Tolajuk, To’barru, dan Desa Kadundung

BELOPA, SOLUSINEWS.ID – Untuk menjaga kualitas kesehatan masyarakat di sekitar proyek Awak Mas, PT Masmindo Dwi Area (Masmindo) menggelar pelatihan peningkatan kapasitas bidan dan kader kesehatan.

Kegiatan itu diikuti 30 peserta terdiri dari bidan dan kader kesehatan dari desa sekitar yaitu Desa Ranteballa, Boneposi, Tolajuk, To’barru, dan Desa Kadundung.

Pelatihan melibatkan kerja sama UPTD Puskesmas Latimojong, Dinas Kesehatan Kabupaten Luwu, dan Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Cabang Luwu, pada Sabtu (17/7/2021).

Kegiatan itu dalam rangka mendukung Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas).

Bacaan Lainnya

Hadir Kepala Dinkes Luwu, Ketua IDI Cabang Luwu, Kepala UPTD Puskesmas Latimojong, Camat Latimojong.

Kapolsek serta Danramil Bastem, Satgas COVID-19, kepala desa, bidan, dan kader kesehatan dari kelima desa, dengan mengikuti protokol kesehatan ketat.

Direktur Utama Masmindo, Adrian Rollke, mengatakan pelatihan itu bertujuan mengoptimalisasi peran bidan dan kader kesehatan dalam mempromosikan gerakan masyarakat hidup sehat.

“Sekaligus mencegah penyebaran Covid 19. Dengan kegiatan ini, perusahaan juga berusaha mendukung pembangunan berkelanjutan dalam bidang kesehatan,” ujarnya, Rabu (21/7/2021).

Kepedulian Masmindo pada kesehatan masyarakat diapresiasi Kepala Bidang Kesehatan Masyarakat Dinkes Luwu, Husnawati Baso.

Menurutnya bidan dan kader kesehatan yang bekerja sama dengan pemerintah wajib memiliki kapasitas yang memadai.

“Dukungan Masmindo dalam memfasilitasi pelatihan akan mampu meningkatkan kualitas pelayanan mereka kepada masyarakat.” ungkapnya.

Bidan dan kader kesehatan yang mengikuti pelatihan diberi pengetahuan teknis pelayanan terhadap ibu hamil, bersalin, nifas, dan bayi baru lahir di masa pandemi ini.

Selain itu pelatihan tersebut menghadirkan dr Mahirina Marjani, Sp.A sebagai narasumber dari IDI Kabupaten Luwu.

Sementara Kepala Puskesmas Latimojong, Mardi Mading, mengatakan peningkatan kapasitas bidan dan kader kesehatan di desa-desa Kecamatan Latimojong adalah inisiatif yang sangat baik dari Masmindo.

Sebelumnya, Masmindo telah berperan aktif dalam sejumlah program dan kegiatan di bidang kesehatan warga sekitar proyek Awak Mas atau di delapan desa di kecamatan setempat.(*)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *