Puskesmas Tamalate Gelar Penyuluhan Deteksi Dini PTM

Puskesmas Tamalate, Kota Makassar, menggelar kegiatan penyuluhan tentang deteksi dini penyakit tidak menular di Kelurahan Parang Tambung, Kecamatan Tamalate, Sabtu (12/10/2024).(*)

TAMALATE, SOLUSINEWS.ID – Puskesmas Tamalate, Kota Makassar, menggelar kegiatan penyuluhan tentang deteksi dini penyakit tidak menular (PTM) di RW 003 Parang Tambung, Kecamatan Tamalate, Sabtu (12/10/2024).

Kegiatan ini merupakan salah program edukasi kesehatan Puskesmas Tamalate secara rutin untuk meningkatkan kualitas hidup masyarakat khususnya penderita PTM agar lebih optimal.

PTM adalah penyakit yang bukan disebabkan oleh infeksi kuman. Salah satu strategi kegiatan yang dilakukan dalam meningkatkan pembangunan kesehatan adalah pemberdayaan masyarakat dan peningkatan peran masyarakat termasuk dunia usaha.

Masyarakat diberi fasilitas dan bimbingan pengetahuan serta keterampilan untuk mengenali masalah kesehatan di wilayahnya.

Bacaan Lainnya

Dalam kegiatan penyuluhan deteksi dini PTM tersebut diberikan wawasan tentang cara pencegahannya antara lain membatasi konsumsi gula, garam, dan lemak secara berlebihan.

Rutin melakukan aktivitas fisik minimal 30 menit dalam sehari, tidak merokok atau terpapar asap dan residu rokok, menjaga berat badan ideal, dan mengecek kesehatan secara teratur.

Selain itu peserta kegiatan diimbau menerapkan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS).(*)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *