Saat Promosikan Wisata Rammang-rammang Maros, Sandiaga Uno Dikenalkan dengan Aplikasi Solusi Bayar

Founder aplikasi Solusi Bayar (SB), Rudihartono, menyampaikan tentang pengembangan aplikasi SB dalam mendukung UMKM dan sektor pariwisata di hadapan Menparekraf Sandiaga Uno dan Plt Gubernur Sulsel, A Sudirman, di Desa Wisata Rammang-rammang, Kabupaten Maros, Kamis (17/6/2021).

MAROS, SOLUSINEWS.ID – Menteri Pariwisata dan ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno mengunjungi Kabupaten Maros, Kamis (17/6/2021).

Kunjungan Sandiaga, sapaannya, ke Maros merupakan rangkaian perjalanan promosi desa wisata melalui Program Anugerah Desa Wisata Indonsia 2021.

Sandiaga mengatakan akan mengikutsertakan wisata geopark Rammang-rammang dalam Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2021.

Sejak pendaftaran ADWI 2021 dibuka 22 Mei lalu, saat ini sudah ada 231 desa yang mendaftar. Batas pendaftaran ajang ini pada tanggal 16 Juli 2021.

Bacaan Lainnya

Di Butta Salewangang, julukan Maros, Sandiaga memperkenalkan wisata geopark dan Desa Wisata Rammang-Rammang yang terletak di Desa Salenrang, Kecamatan Bontoa.

Kemenparekraf juga mempromosikan Rammang-rammang melalui platform digital dengan melibatkan YouTuber terkenal seperti Atta Halilintar-Thoriq Halilintar, dan konten kreator lokal, Tumming-Abu.

Sebelumnya, pada tahun 2017, Geopark Ramang Ramang telah ditetapkan sebagai Geopark Nasional.

Sandiaga dan rombongan pun menyusuri sungai di kawasan Rammang-Rammang dan menikmati keindahan alam di kawasan karst Maros yang mendunia tersebut.

Ia berpesan agar pengelolaan wisata Rammang-rammang mempertahankan kualitas homestay.

Sandiaga juga menjanjikan jaringan internet melalui pengadaan tower BTS di Desa Wisata Rammang-rammang, Maros.

Turut mendampingi perjalanan promosi desa wisata Sandiaga Uno di Maros yaitu Wakil Gubernur Sulsel, A Sudirman, Bupati Maros, Chaidir Syam.

Sejumlah pejabat lingkup Pemprov Sulsel dan Pemkab Maros, tokoh masyarakat, serta pelaku usaha di bidang pariwisata dan ekonomi kreatif.

Rudihartono berbincang dengan koleganya dari Bank Indonesia perwakilan Sulsel tentang pengembangan aplikasi Solusi Bayar

Salah satu pelaku usaha ekonomi kreatif di bidang digital atau startup lokal, Rudihartono, berkesempatan berbincang dengan Sandiaga Uno dan pejabat Bank Indonesia perwakilan Sulsel.

Tokoh pemuda asal Maros sekaligus founder aplikasi Solusi Bayar itu menerangkan secara singkat tentang Solusi Bayar sebagai aplikasi pembayaran digital yang dapat mendukung bisnis pelaku UMKM dan pengembangan pariwisata lokal.

“Ini sebuah kesempatan istimewa bagi kami karena bisa berbincang langsung dengan Menteri Sandiaga Uno dan Plt Gubernur Sulsel terkait startup Solusi Bayar dan pengembangannya kedepan,” ungkap Rudi, sapaannya.

Tentang Rammang-rammang

Terletak di Dusun Rammang-Rammang/Kampung Baru, Desa Salenrang, Kecamatan Bontoa, Kabupaten Maros, Provinsi Sulawesi Selatan.

Berjarak sekitar 40 km dari ibu kota Provinsi Sulsel, Kota Makassar, dan sekitar 10 km dari pusat perkotaan Kabupaten Maros.

Lokasi objek wisata Rammang-rammang berada dalam kawasan karst atau pegunungan kapur Kabupaten Maros.

Maros masuk dalam daftar tiga lokasi di dunia yang memiliki bentangan karst terluas selain di China dan Vietnam. Karst Maros menempati urutan kedua terluas setelah China.

Geopark Rammang-rammang ditetapkan sebagai Geopark Nasional pada November 2017.(*)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *