Sekilas Peluang Bisnis Waralaba Indomaret

ilustrasi karyawati minimarket.(foto:kaskus)

SOLUSINEWS.ID – Waralaba atau franshise merupakan salah model bisnis yang menjamur di Indonesia.

Model bisnis ini juga merupakan bentuk investasi bagi pelaku usaha atau pemilik modal.

Ada banyak bisnis waralaba di Indonesia saat ini. Salah satunya adalah bisnis ritel minimarket yang melayani kebutuhan pokok dan kebutuhan sehari- hari yaitu.

Salah satu jaringan bisnis ritel waralaba minimarket yang tersebar di tanah air saat ini adalah Indomaret.

Bacaan Lainnya

Indomaret adalah jaringan pengecer waralaba di Indonesia dengan bendera perusahaan bernama PT Indomarco Prismatama.

PT Indomarco Prismatama sendiri merupakan salah satu anak perusahaan Salim Group.

Salim Group saat ini dipegang oleh Anthony Salim, warga negara Indonesia (WNI) keturunan yang memiliki nama Tionghoa, Liem Hong Sien. Salim Group didirikan oleh ayahnya, Sudono Salim.

Indomaret merupakan jaringan minimarket yang menyediakan kebutuhan pokok dan sehari-hari.

Tahun 1997 Indomaret melakukan pola kemitraan (waralaba) dengan membuka peluang bagi masyarakat luas untuk turut serta memiliki dan mengelola sendiri gerai Indomaret.

Ingin tahu syarat dan tahapan menjadi mitra waralaba Indomaret ? Berikut sekilas infomasinya di sadur dari situs indomaret.

Untuk membeli hak waralaba Indomaret, langkah awal yang Anda harus dipenuhi sebagai berikut :

  • Warga Negara Indonesia
  • Menyediakan lokasi tempat usaha di area komersial dengan luas ideal 120-200 m2
  • Memiliki kelengkapan izin usaha minimarket : IMB/PBG, NPWP, PKP, Ijin Lingkungan, Domisili (apabila diperlukan), NIB, STPW dan Ijin Lainnya Sesuai Ketentuan Perizinan yang berlaku
  • Menyediakan dana investasi
  • Memiliki jiwa entrepreneur dan fokus pada sistem Waralaba Indomaret

Selain itu, Indomaret akan membantu menyiapkan pengelolaan toko dalam sejumlah hal sebagai berikut :

  1. Survei kelayakan tempat usaha
  2. Perencanaan anggaran biaya
  3. Studi kelayakan investasi
  4. Tata ruang dan perencanaan toko
  5. Renovasi ruang usaha
  6. Pembelian peralatan toko
  7. Seleksi dan pelatihan karyawan
  8. Standard kerja dan sistem penggajian karyawan
  9. Paket sistem operasional toko dan administrasi keuangan
  10. Seleksi dan kredit barang dagangan tanpa bunga dan tanpa jaminan
  11. Program promosi penjualan

Untuk menjadi mitra waralaba jaringan ritel Indomaret juga ada 3 tahapan presentasi yang perlu dilakukan yaitu :

Kelengkapan Dokumen dan Mekanisme Kerjasama

Bagi terwaralaba yang sudah memiliki usulan lokasi tempat usaha sebaiknya membawa fotocopy dokumen pendukung.

Dokumen tersebut  seperti Sertifikat Bangunan, IMB, KTP, KK, dan (jika sudah ada) SIUP, TDP, NPWP, PKP, serta denah lokasi.

Pada presentasi pertama ini akan dijelaskan dengan detil mekanisme kerjasama, besarnya investasi, keuntungan per bulan dan sistem operasional toko.

RAB dan MoU

Pada presentasi kedua akan dipaparkan hasil survey kelayakan dan Rencana Anggaran Belanja (RAB) yang mengarah pada besarnya nilai investasi.

Biasanya pada presentasi kedua ini dilanjutkan dengan penandatanganan MoU (Nota Kesepakatan).

MoU ini mencakup butir- butir pembagian tugas antara pihak Indomaret dengan terwaralaba dalam mempersiapkan pembukaan toko, renovasi bangunan, pembelian peralatan toko, seleksi dan training karyawan, serta termin pembayaran.

Pembukaan Toko

Setelah semua item kesepakatan direalisasikan, maka toko siap dibuka dengan program promosi yang ditetapkan Indomaret.

Sebelum toko dibuka maka lebih dulu akan ditandatangani Surat Perjanjian Waralaba untuk jangka waktu 5 tahun.

Itulah sekilas tentang model dan mekanisme bisnis waralaba ritel minimarket Indomaret. Untuk lebih jelasnya, silakan kunjungi langsung situs resmi indomaret.(*)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *