STAI YAPNAS Jeneponto Gandeng ILRSCentre Guna Tingkatkan Kualitas Litbang SDM

Penandatangan MoU antara Ketua STAI Yapnas Jeneponto, Dr Hartina S.Si, M.M, dengan Direktur ILRSCentre, Dr Andi Hidayat SE, M.Si. (ist)

MAKASSAR, SOLUSINEWS.ID – Sekolah Tinggi Agama Islam YAPNAS Jeneponto mewisuda mahasiswa program strata satu sebanyak 105 orang, Senin (12/12/2022), di Hotel Maleo Makassar.

Wisudawan dan wisudawati tersebut berasal dari Program Studi Pendidikan Agama Islam, Perbankan Syariah, dan Hukum Keluarga Islam.

Rata-rata mahasiswa yang diwisuda telah menyelesaikan studi kurang lebih tiga setengah tahun dengan hasil sangat memuaskan.

Melalui kegiatan tersebut, Ketua STAI YAPNAS Jeneponto, Ibu Dr Hartina S.Si, M.M, bertekad memajukan SDM di Bumi Turatea, juluka Jeneponto, melalui pendidikan berkarakter dan berlandaskan prinsip-prinsip Islam.

Menurutnya apa yang menjadi kebanggaan masyarakat Jeneponto, tidak akan pernah bisa tercapai tanpa peran Sumber Daya Manusia yang unggul.

Olehnya, STAI YAPNAS berupaya semaksimal mungkin dalam mendidik mahasiswa mereka melalui pengelolaan perguruan tinggi yang berkualitas dan berskala internasional.

“Mahasiswa yang berkualitas dan berdaya saing, hanya dapat lahir dari perguruan tinggi dengan kualifikasi tingkat kualitas yang tinggi serta ditopang oleh infrastruktur dan sistem yang memadai,” tutur Ibu Tina, sapaan Dr Hartina S.Si, M.M.

Terkait hal itu, STAI Yapnas Jeneponto berkomitmen untuk melakukan pengembangan perguruan tinggi secara bertahap. Salah satunya dengan meningkatkan skala perguruan tinggi dari sekolah tinggi menjadi Institut di tahun 2024.

Upaya yang akan ditempuh antara lain :

  • Menjalin kerja sama dengan pemerintah daerah
  • Membuka beasiswa pendidikan bagi masyarakat di Kabupaten Jeneponto.
  • Melaksanakan pengabdian kepada masyarakat dengan berbasis pemberdayaan masyarakat melalui literasi ilmu dan spiritual
  • Membuka peluang program kuliah kerja bagi mahasiswa di beberapa perusahaan dan institusi terkemuka yang ada di Indonesia.

Selain itu,  dalam rangka menyiapkan kebutuhan menuju skala Institut, Ibu Tina mulai membenahi kualitas dosen dan mahasiswa.

Ia mengharapkan proses perubahan menuju skala Institut dapat berjalan beriringan dengan akselerasi pengembangan SDM secara internal.

MoU dengan ILRSCentre

Pada momentum wisuda angkatan ke 16 tersebut, STAI Yapnas Jeneponto juga menjalin kerjasama melalui MoU dengan salah satu lembaga riset di Kota Makassar, ILRSCentre.

Penandatangan MoU yang dihadiri Wakil Bupati Jeneponto, H Paris Yaris SE, dan Koordinator Kopertais Wilayah VIII, Prof H Hamdan MA, Ph.D, itu dilakukan Ketua STAI Yapnas Jeneponto, Dr Hartina S.Si, M.M, dengan Direktur ILRSCentre, Dr Andi Hidayat SE, M.Si.

Melalui MoU tersebut, Ibu Tina mengharapkan para dosen dan mahasiswa memiliki pengetahuan dan pengalaman yang memadai dalam bidang penelitian sehingga penelitian mereka nantinya dapat lebih berkualitas.

Sementara Dr Andi Hidayat menyampaikan hanya dengan penelitian yang berkualitas, perubahan di tengah-tengah masyarakat Kabupaten Jeneponto dapat terjadi secara cepat dan lebih baik.

“Harapan yang pasti adalah, masyarakat Jeneponto dapat masuk ke kancah global melalui SDM yang unggul dan berdaya saing melalui sentuhan ilmu dan spiritual di STAI YAPNAS Jeneponto,” katanya.

Selain itu, dewan penasehat ILRSCentre, Dr Moh Hatta, mengapresiasi ILRS Centre atas pengembangan dan perluasan kerjasamanya.

“Tentunya ini suatu momentum yang baik dalam arah perubahan pendidikan di Indonesia,” ujarnya.(*)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *