Tahun 2023, Sektor Pertanian Sinjai Dapat DAK Rp 17 M

Kepala Dinas Tanaman Pangan Hortikultura dan Perkebunan (DTPHP) Sinjai Kamaruddin

SINJAI, SOLUSINEWS.ID – Alokasi anggaran dari pemerintah pusat melalui Kementerian Pertanian (Kementan) RI untuk Pemkab Sinjai di tahun 2023 mencapai Rp 17 miliar lebih.

Jumlah itu meningkat selama dua tahun terakhir dari tahun 2021 yang sebelumnya hanya Rp 1,8 miliar naik menjadi Rp 14 miliar di tahun 2022 dan kembali naik menjadi Rp 17 Miliar di tahun 2023.

Kepala Dinas Tanaman Pangan Hortikultura dan Perkebunan (DTPHP) Sinjai Kamaruddin mengatakan bantuan Dana Alokasi Khusus (DAK) sebesar Rp 17 miliar itu tak lepas dari perjuangan Bupati Sinjai, Andi Seto Asapa (ASA).

Yang intens melakukan koordinasi dengan pihak kementerian. Besaran alokasi anggaran di sektor pertanian ini hanya ada di 11 kabupaten di Sulsel.

Bacaan Lainnya

“Saya mengikuti langsung bagaimana prosesnya di tahun 2021 mendampingi pak Bupati ke Jakarta untuk membawa proposal,” ungkap Kamaruddin, belum lama ini.

Anggaran di sektor pertanian itu untuk perbaikan irigasi, rehabilitasi Balai Penyuluh Pertanian (BPP) hingga pengadaan Alsintan, Jalan Usaha Tani dan pengadaan sarana penunjang penyuluh pertanian berupa sepeda motor dan Laptop.

“Tahun ini kita fokus di peningkatan infrastruktur yang dibiayai oleh DAK. Ini semua yang telah dibangun oleh pak Bupati untuk meningkatkan produktivitas pertanian kita di Sinjai,” jelasnya.

Selama kurang lebih empat tahun kepemimpinan Bupati ASA, realisasi perbaikan dan pembukaan jalan tani di Kabupaten Sinjai sudah sepanjang 85,41 kilometer (Km).

Selain itu, ratusan Alsintan pra dan pasca panen juga diserahkan kepad kelompok tani yang ada di Bumi Panrita Kitta’ sebutan daerah kabupaten Sinjai.

Tahun 2023 ini, bantuan serupa bakalan diserahkan kepada kelompok tani melalui Dinas Tanaman Pangan, Hortikultura dan Perkebunan (DTPHP) Sinjai.(*)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *