22 Februari 2023 Disbudpar Sinjai Gelar Karnaval Budaya, Daerah Dibolehkan Ikut

Kepala Bidang Pengembangan Pemasaran Pariwisata Disparbud Sinjai A Dewi Angriani di acara dialog di Studio Radio Suara Bersatu, Kamis (2/2/2023).(*)

SINJAI, SOLUSINEWS.ID – Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Sinjai akan melaksanakan Sinjai Culture Carnival (SCC) 2023 dalam rangka memperingati Hari Jadi Sinjai ke 459 pada Februari 2023 ini.

SCC 2023 ini akan dilaksanakan pada Hari Rabu tanggal 22 Februari 2023 dengan mengambil rute karnaval mulai depan Gedung IFK Dinkes Sinjai hingga Tugu Sinjai Bersatu di Jalan Persatuan Raya.

Kepala Bidang Pengembangan Pemasaran Pariwisata Disparbud Sinjai A Dewi Angriani mengatakan SCC kali ini mengusung tema ‘Pesona Nusantara’.

“Tujuannya untuk memperkaya pengetahuan masyarakat tentang seni budaya modern, serta mengembangkan seni budaya lokal untuk dipromosikan,” katanya dalam dialog khusus di Studio Radio Suara Bersatu, Kamis (2/2/2023).

Bacaan Lainnya

Sinjai Culture Carnival Tahun 2023 merupakan kali keempat yang akan digelar dan telah menjadi kalender of event Sulawesi dan agenda tahunan Pemkab Sinjai. Event ini sempat tertunda selama dua tahun akibat pandemi Covid-19.

Dewi menambahkan, melalui pelaksanaan SCC maka wisatawan dapat mengetahui dan mengenal budaya khas dari nusantara serta memahami sejarah dan filosofi dari setiap ritual adat yang ditampilkan dalam event tersebut.

“Kita harapkan melalui even SCC ini bisa mendatangkan wisatawan, menjadi sarana hiburan dan edukasi serta menyatukan berbagai komunitas di dalam masyarakat,” tuturnya.

Peserta kegiatan ini antara lain OPD lingkup Pemkab Sinjai, instansi vertikal, BUMN/BUMD, gugus sekolah, organisasi, perguruan tinggi, kecamatan, dan desa.

Bahkan Disbudpar Sinjai membuka kesempatan bagi Kabupaten/kota lain di Sulsel untuk berpatisipasi dan meramaikan karnaval budaya ini.

Setiap peserta nantinya menyiapkan 1 talent kostum karnaval, “Kecuali peserta dari gugus sekolah ada 3 talent yaitu 1 orang kostum karnaval dan 2 orang untuk menampilkan Ana Burane dan Ana Dara,” tambahnya.(*)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *