5 Hal Mengapa Budidaya Ikan Gabus Menarik Dijadikan Peluang Usaha

ilustrasi ikan gabus (int)

SOLUSINEWS.ID – Selalu ada solusi untuk menangkap peluang usaha bernilai ekonomis di bidang perikanan. Salah satunya adalah peluang usaha budidaya ikan gabus.

Ada sejumlah pertimbangan mengapa ikan air tawar ini menarik untuk dimanfaatkan sebagai peluang usaha bernilai ekonomis, khususnya bagi masyarakat di Indonesia.

Selain mudah diperoleh, populasinya pun terjaga karena habitatnya yang cocok dengan kondisi alam di tanah air.

Tak heran bila ikan gabus merupakan salah satu jenis ikan tawar yang mudah dipelihara dan dibudidayakan meskipun dalam skala kecil atau di dijadikan usaha rumahan.

Bacaan Lainnya

Selanjutnya tinggal ditunjang dengan pemasaran baik secara offline maupun online.

Tidak menutup kemungkinan, dari usaha kecil budidaya ikan air tawar ini bisa menjadi besar dengan ketekunan dan pemasaran yang efektif.

Selain di pasar tradisional, ikan gabus juga masih kerap dijumpai dan dijual bebas di tepi jalan, maupun dijajakan oleh penjual ikan keliling (pagandeng; istilah warga Kota Makassar) di kompleks atau perumahan.

Nah, berikut 5 hal yang kerap menjadi pertimbangan sehingga  budidaya ikan gabus menarik dijadikan peluang usaha yang menguntungkan.

  1. Dikonsumsi sebagai Makanan

ilustrasi makanan ikan gabus (sumber foto: foto: Instagram/@igakeda)

Ikan gabus adalah salah satu jenis ikan air tawar yang dikonsumsi secara umum sebagai makanan rumahan maupun makanan khas bersegmentasi.

Artinya, walaupun ikan ini sudah menjadi salah satu menu makanan yang dikonsumsi di kalangan masyarakat, namun tak semua orang menyukai atau mau menyantapnya.

Hal itu karena ikan yang berkulit licin ini bagi sebagian orang tak sesuai selera mereka maupun beberapa hal lainnya.

Meski demikian tak sedikit pula yang suka dan gemar mengkonsumsinya karena dianggap sebagai makanan lezat dan bergizi tinggi.

Bahkan di beberapa daerah, ikan gabus diolah sebagai makanan lezat dan kuliner khas.

  1. Bermanfaat untuk Kesehatan

ilustrasi obat kandungan ikan gabus di pasar online/marketplace.(int)

Alasan kedua adalah ikan gabus memiliki kandungan gizi yang bermanfaat dalam proses penyembuhan maupun aspek kesehatan lainnya.

Tak heran ada banyak produk obat ikan gabus dengan berbagai merek yang diproduksi oleh perusahaan farmasi dan dijual di pasaran seperti di apotek atau di toko obat.

Namun, ada juga yang memilih mengkonsumsi langsung ikan gabus dengan cara diolah menjadi masakan yang sesuai selera.

Kandungan utama sumber gizi pada ikan ini adalah albumin dan protein memadai yang bermanfaat bagi kesehatan tubuh, antara lain :

  • Membantu pertumbuhan dan pembentukan otot
  • Mempercepat penyembuhan luka pasca-operasi, termasuk luka pasca persalinan caesar (sesar) bagi ibu melahirkan.
  • Menjaga keseimbangan cairan dalam tubuh
  • Memperbaiki gangguan gizi buruk
  • Menjaga kesehatan sistem pencernaan
  1. Memiliki Daya Tahan Hidup yang Tinggi

ilustrasi pencari ikan gabus di tanah rawa yang kering. (sumber: screenshoot youtube)

Selain di sungai atau selokan, ikan ini umumnya hidup nyaman di rawa-rawa yang memiliki tingkat keasaman sangat tinggi.

Ikan gabus adalah salah satu jenis ikan yang memiliki daya survive tinggi dalam kondisi ekstrim. Bahkan di rawa tanpa air pun, ikan ini mampu bertahan hidup.

Jangan heran jika melihat tanah rawa yang jadi kering dan permukaanya retak-retak di musim kemarau namun masih ditemukan sekumpulan ikan gabus yang hidup di balik atau di bawahnya.

Hal itu karena ikan ini memiliki alat bantu pernafasan yang mampu menyerap oksigen bebas di udara.

  1. Bisa Ditampung di Sejumlah Wadah

ilustrasi kolam terpal ikan gabus (sumber foto: inspired2write.com)

Salah satu pertimbangan lainnya memilih budidaya dan bisnis ikan gabus adalah karena pemeliharaannya yang mudah.

Budidaya ikan gabus bisa dilakukan dengan menggunakan sejumlah jenis wadah atau kolam sehingga pembubidayanya bisa memiliki banyak pilihan sesuai kondisi.

Ikan gabus dapat dibudidayakan di beberapa platform yang dijadikan sebagai kolam.

Jadi, pelaku budidaya tak perlu khawatir dengan ikan gabus tersebut meskipun tidak ditampung di wadah atau kolam khusus.

Berikut beberapa jenis kolam yang dapat dijaadikan wadah budidaya ikan gabus :

  • Kolam drum
  • Kolam tanah
  • Kolam terpal
  • Klam beton
  1. Produk Ekonomis

ilustrasi keripik ikan gabus (sumber : Tribunjambi/Yon)

Selain bisa dijadikan sebagai menu makanan atau lauk-pauk yang dijual di warung, daging ikan gabus juga bisa dijadikan produk kuliner bernilai ekonomis lainnya.

Beberapa diantaranya yaitu diolah sebagai penganan atau makanan ringan seperti krupuk ikan gabus, ikan kaleng, atau lainnya.

Sebagai pelaku budidaya ikan gabus, juga bisa mengembangkan bisnisnya dengan menjual bibit ikan gabus kepada pelaku budidaya lainnya.

Atau menjadi pemasok untuk sejumlah warung makan yang menyiapkan menu ikan gabus di tempat usahanya.

Ikan Gabus di Makassar

lapak penjual ikan gabus dan air tawar di sekitar Waduk Tunggu Pampang, Kecamatan Manggala, Kota Makassar.(foto: redo/solusinews.id)

Di wilayah Kota Makassar. ikan gabus yang dijual warga bisa dijumpai di pasar-pasar tradisional, pagandeng ikan kompleks/rumahan, atau di tepi jalan.

Salah satunya bisa dijumpai di dekat jembatan kanal Borong, sekitar kawasan Waduk Tunggu Pampang, Kecamatan Manggala, Kota Makassar.

Beberapa lapak kecil menjual ikan gabus dalam keadaan hidup bersama beberapa jenis ikan khas air tawar lainnya seperti ikan lele, ikan nila, bahkan ikan masapi (sejenis belut yang bersirip ikan).

Harga ikan gabus di lokasi ini berkisar Rp 30 ribu sampai Rp 40 ribu per kilogramnya. Tetapi masih bisa dinego alias ditawar lagi harganya.

lapak penjual ikan gabus dan air tawar di sekitar Waduk Tunggu Pampang, Kecamatan Manggala, Kota Makassar.(foto: redo/solusinews.id)

Itulah 5 hal mengapa budidaya Ikan Gabus menarik diijadikan sebagai peluang usaha, baik di masa pandemi maupun tanpa pandemi saat ini.

Bagi yang berminat memulai usaha budidaya ikan gabus atau melirik bisnis tersebut, semoga artikel ini bermanfaat dan menambah wawasan.(redo)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *