Baznas Luncurkan Program Sanitasi Total Berbasis Masyarakat di Maros

BAZNAS Maros
Rumah Sehat BAZNAS Makassar bersama BAZNAS Maros salurkan bak penampungan air bersih.

SOLUSINEWS.ID — Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) melalui Rumah Sehat BAZNAS Makassar bersama BAZNAS Kabupaten Maros meluncurkan program Sanitasi Total Berbasis Masyarakat (STBM).

Masalah air bersih masih menjadi tantangan bagi Pemerintah Kabupaten Maros. Pannambungan merupakan dusun yang sampai hari ini masih harus membeli air bersih guna memenuhi kebutuhan hariannya.

Sulitnya mendapatkan sumber air bersih, menjadi kendala masyarakat untuk memenuhi kebutuhan air bersih, sehingga untuk mendapatkan air bersih mereka harus membeli. Sedangkan pada musim hujan menampung air hujan untuk dimanfaatkan sbagai kebutuhan rumah tangga.

Program STBM ini mendistribusikan 20 bak penampungan air beserta air bersih dan tempat sampah kepada mustahik di Dusun Pannambungan Desa Salenrang Kecamatan Bontoa.

Bacaan Lainnya

Ketua BAZNAS Maros, H.A Said Patombingi mengatakan, kegiatan ini dilaksanakan Senin kemarin, diharapkan berkelanjutan dengan membina desa ini agar sanitasinya meningkat dengan pola hidup sehat, sehingga terjadi transfomarsi dari kesan kurang sehat menjadi lebih sehat.

“Kita menggagas program yang menyentuh langsung masyarakat agar di setiap dusun dan desa ada unit pengumpul zakat agar bisa terjadi sirkulasi zakat yang baru, dari orang yang kaya ke orang miskin dan bisa memberdayakan kehidupan masyarakat, ini akan bersinergi, akan simultan,” ujarnya, Selasa (22/9/2020).

Bak penampungan air merupakan kebutuhan warga Pannambungan yang belum bisa mereka penuhi dikarenakan kendala ekonomi.

Selain itu, ada penyuluhan kesahatan sanitasi dan pembimbingan agar warga terbiasa hidup sehat, juga disediakan bak sampah.

Asisten I Pemkab Maros, A Danuri, yang hadir mewakili Bupati Maros, berharap BAZNAS terus dapat berkolaborasi dengan pemerintah daerah dalam menanggulangi permasalahan air bersih yang merupakan satu kendala masyarakat di Bontoa Maros.

BAZNAS Maros berharap, semoga dengan adanya bantuan ini, kebutuhan air warga Pannambungan dapat terbantu sehingga aktifitas warga tidak terhambat lagi dan roda ekonomi warga dapat berjalan maksimal. (*)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *