Gamacca Parepare Akan Gelar Pameran Benda Pusaka 11-13 Maret 2022

ilustrasi; badik pusaka (ist)

PAREPARE, SOLUSINEWS.ID – Komunitas pencinta dan pelestari benda pusaka Kota Parepare, Gamacca, akan menggelar pameran benda pusaka di Hilal Point, Jalan Abdul Kadir, Parepare, Sulawesi Selatan, pada 11 Maret 2022.

Pameran ini mengusung tema Revitalisasi Nilai-Nilai Budaya,  Memperkokoh Jati Diri Dan Karakter Bangsa, Melalui Pameran Parewa Bessi Dan Pagelaran Seni Budaya.

Benda-benda pusaka yang akan ditampilkan dalam ajang ini antara lain badik, tombak, parang, pedang, keris, dan benda pusaka lainnya.

Akan disuguhkan pula sejumlah atraksi seni budaya seperti angngaru, sigajang lelang lipa (baku tikam dalam sarung), dan pentas tari Jeppeng.

Bacaan Lainnya

Ajang ini juga untuk mengisi peringatan Hari Jadi Kota Parepare ke-62 sekaligus menarik pelancong atau wisatawan berkunjung ke Kota Bandar Madani, julukan Parepare.

Ketua Gamacca, H Anshar, menjelaskan melalui pameran bunda pusaka ini bisa memberikan pemahaman kepada masyarakat bahwa merawat dan melestarikan benda pusaka itu merupakan bagian dari budaya, bukan mistis.

“Ratusan bilah pusaka yang akan kami pamerkan berasal dari berbagai daerah di Sulawesi Selatan dan Sulawesi Barat,” jelasnya.

Selain itu ia mengharapkan generasi muda saat ini bisa memaknai filosofi benda pusaka dan dapat berperan dalam melestarikan kebudayaan Sulawesi Selatan.

Ia menambahkan, mengenal budaya akan timbul rasa kepedulian untuk terus merawat peradaban, dan menjaga alam lingkungan sekitar.

Sementara Ketua Panitia Pameran Benda Pusaka, Zulkarnaen SH, mengatakan pameran akan menampilkan beberapa pusaka dan badik dari sejumlah komunitas pecinta pusaka lainya di Sulsel dan Sulbar.

Pameran akan berlangsung selama tiga hari mulai 11 hingga 13 Maret 2022 dengan tetap menerapkan protokol kesehatan pandemi.(*)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *