Melirik Peluang Usaha Loket Pembayaran Online atau PPOB

ilustrasi usaha pembayaran online/PPOB (redo/solusinews.id)

SOLUSINEWS.ID – Salah satu bisnis online yang cukup bermodalkan gadget atau smartphone disertai internet adalah usaha loket pembayaran online.

Umumnya disebut PPOB (Payment Point Online Bank). Tapi bukan Point Blank ya, game online bergenre tembak-menambak itu. Heheh.

Ya, pelaku usaha ini ibarat agen atau loket bank yang bisa melayani sejumlah kebutuhan transaksi masyarakat seperti PLN, PDAM, BPJS, produk telekomunikasi, dan tagihan lainnya.

Selain itu, usaha PPOB bisa sekaligus melayani pembelian pulsa all operator, paket data dan nelpon,  bahkan topup E-wallet.

Bacaan Lainnya

Jadi ada sejumlah menu layanan pembayaran dan transaksi yang bisa dilakukan dalam satu paket usaha PPOB yang memberi keuntungan bagi pelaku usaha tersebut.

Sumber utama keuntungan bisnis PPOB diantaranya selisih dan komisi dari setiap transaksi yang dilakukan. Artinya, makan banyak transaksinya, makin besar peluang untungnya.

fitur aplikasi solusi bayar (redo/solusinews)

Pelaku usaha PPOB bisa menambah keuntungan lagi, misalnya bila membuka sub agen atau menjual produk lain yang saling menunjang di tempat usahanya.

Seperti menjual kartu perdana, voucher data, aksesori gadget, parfum, jam tangan, masker, dan lainnya.

Berikut tips dan peluang yang dirangkum Solusinews terkait usaha loket pembayaran online yang selalu memiliki peluang bisnis menjanjikan.

Lebih Dekat Lebih Baik, Gak Ribet Antre

Memang sebagian atau segelintir orang mampu membayar dan menyelesaikan sendiri pembayaran atau tagihan-tagihannya secara online melalui ponsel di tangan.

Orang-orang seperti ini biasanya memiliki aplikasi pembayaran seperti mobile banking atau e-wallet untuk membayar tagihan dan kebutuhannya tersebut setiap saat.

Namun, tetap saja masih banyak masyarakat yang melakukan pembayaran tagihan atau keperluan bulanannya secara tunai dengan langsung mendatangi bank, kantor pos, minimarket, atau koperasi.

Tempat-tempat itu kadang masih terasa jauh dari tempat tinggal atau dari permukiman warga sekitar.

Yang paling dekat dijangkau dengan berjalan kaki dari rumah biasanya hanya kios, toko kelontong, atau gadde-gadde.

Dsitu umumnya hanya menjual aneka barang campuran. Kadang-kadang jual pulsa juga, tapi jarang.

Sedangkan untuk layanan transaksi pembayaran tagihan listrik, air, indihome, atau tagihan bulanan lainnya, belum tersedia.

Nah, hal ini ini tentunya bisa menjadi peluang untuk membuka usaha loket pembayaran online atau PPOB di kawasan atau lingkungan perumahan.

Peluang di Pedesaan

Selain di kawasan perkotaan, usaha loket pembayaran online ini juga sangat menjanjikan hadir di pedesaan atau di pelosok yang jauh dari pusat keramaian.

Baik di lingkungan pedesaan atau perkotaan, hampir semua masyarakatnya memiliki beban tagihan rumah tangga yang harus dibayar setiap bulan.

Setiap bulan pula, mereka mendatangi bank, minimarket, atau tempat usaha lainnya yang menjadi lokasi pembayaran tagihan bulanan/cicilan mereka.

Seringkali juga warga harus menunggu antrean saat membayar tagihan tersebut yang akan merepotkan dan menguras waktu mereka.

Nah, dengan hadirnya loket pembayaran online atau usaha PPOB di kawasan perumahan baik di perkotaan, apalagi di pedesaan maka dapat memperpendek jarak dan waktu warga sekitar dalam melakukan proses pembayaran-pembayaran bulanan mereka.

Pemilik kios atau loket pembayaran online/PPOB setempat pun dapat membantu warga sekitar agar tak jauh-jauh lagi pergi membayar sekaligus bisa berhemat setiap bulan.

Aplikasi atau Vendor Penyedia PPOB

aplikasi solusi bayar

Memiliki usaha ini tak perlu harus menjalin kerjasama atau kontrak dengan instansi terkait seperti PLN, kantor PDAM, atau perbankan.

Kecuali, jika Anda ingin menjadi agen Laku Pandai (OJK) atau semacam mitra resmi PPOB perbankan (BRI, BTN, dll), maka ada perjanjian resmi dengan bank bersangkutan (ini akan dibahas Solusinews pada artikel berbeda).

Sementara jika hanya ingin menjadi pelaku usaha loket pembayaran online/PPOB biasa namun tetap legal, Anda cukup menggunakan aplikasi atau vendor penyedia PPOB yang terpercaya dan reccomended.

Ada banyak aplikasi penyedia layanan jasa PPOB yang bisa ditemukan di internet seperti pada aplikasi Mitra Buka Lapak, Mitra Tokopedia, atau aplikasi E-Wallet yang bisa Anda jadikan sebagai alat penyedia layanan usaha pembayaran online.

Namun, Anda juga perlu berhati-hati dan selektif memilih aplikasi penyedia layanan PPOB tersebut.

Prioritaskan kemudahan dan kecepatan dalam bertransaksi pada aplikasi yang Anda pilih.

Salah satu aplikasi pembayaran digital dan penyedia PPOB yang terpercaya dan recommended adalah Aplikasi Solusi Bayar.

Selain bisa digunakan pribadi untuk pembayaran tagihan bulanan, aplikasi ini juga bisa digunakan untuk pelaku usaha baik konter pulsa atau membuka loket pembayaran online.

Aplikasi Solusi Bayar adalah aplikasi pembayaran segala kebutuhan yang hadir sejak tahun 2019 melalui PT Solusi Payment Indonesia di Kota Makassar, Sulawesi Selatan.

Bagi yang berminat menggunakannya, cukup download secara gratis di playstore melalui link ini : https://play.google.com/store/apps/details?id=id.solusibayar.app&referrer=SB288.

Atau cukup mengklik banner iklan Solusi Bayar di bawah foto berita atau bagian lain di halaman ini.

Sementara bagi yang berminat membuka usaha loket pembayaran online atau usaha PPOB menggunakan Aplikasi Solusi Bayar, setelah mendownloadnya lebih dulu silakan kontak kami di bawah ini :

  • admin@solusibayar.co.id/0411-4099128
  • 0822-93454-099 (redo)

Di Rumah Aja Pakai Print Portable 

ilustrasi print portable untuk usaha PPOB menggunakan jaringan bluetooth (redo/solusinews)

Usaha ini bisa dimiliki siapa saja dan dibuka di mana saja. Apakah Anda pegawai/karyawan, ibu rumah tangga, mahasiswa.

Ataukah Anda belum memiliki pekerjaan dan berminat untuk memiliki usaha sendiri dengan modal minim tanpa harus pusing mikiran sewa tempat.

Loket pembayaran online/PPOB bisa dimulai dijalankan di rumah bila Anda belum memiliki tempat atau belum mampu menyewa ruko yang lebih strategis.

Perangkat utama yang perlu ada hanya ponsel/smartphone, paket data alias internet, serta saldo awal untuk memulai berjualan pulsa atau melayani transaksi baik tagihan atau voucher listrik.

Satu tempat atau ruangan di bagian depan rumah Anda sudah bisa menjadi lokasi yang layak untuk memulai membuka usaha PPOB ini.

Tinggal Anda lengkapi dengan spanduk dan perabot atau aksesori lainnya agar lebih menarik perhatian pengunjung atau konsumen .

Untuk menunjang trust atau kepercayaan dalam bertransanksi, maka baiknya Anda melengkapi usaha PPOB Anda dengan print tangan atau print portable dengan akses Bluetooth.

Print portable ini berfungsi untuk memprint setiap transaksi pembayaran yang Anda lakukan seperti PLN, PDAM, atau voucher listrik pelanggan Anda sebagi bukti pembayaran.

Modal tak Perlu Besar, Tapi Semangat

ilustrasi fitur topup/pengisian saldo deposit usaha PPOB.(redo/solusinews)

Untuk memulai usaha ini, maka diperlukan modal atau dana. Tapi ga perlu banyak atau besar. Apalagi bila baru memulai usaha ini dengan skala rumahan.

Modal tersebut hanya untuk menyiapkan deposit atau saldo di akun aplikasi penyedia layanan PPOB seperti bila menggunakan aplikasi Solusi Bayar.

Di Aplikasi Solusi Bayar, minimal pengisian deposit atau saldo hanya 50 ribu, dan maksimal 1 juta.

Tersedia pilihan metode pembayaran untuk mengisi saldo Aplikasi Solusi Bayar mulai dari transfer via bank (BRI, BNI, Mandiri, dan BCA) dengan bebas biaya, serta melalui Virtual Account (VA).

Meskipun saat mengisi jumlah saldo yang diinginkan diikuti kode unik (umumnya 3 angka) saat harus ditransfer. Namun, angka/kode unik tersebut tak akan hilang namun tetap akan masuk ke dalam saldo akun pengguna aplikasi.

Untuk memulai usaha ini maka baiknya Anda menyiapkan saldo sebagai deposit di akun aplikasi PPOB Anda yang sewajarnya dulu.

Biasanya saldo awal ini cukup sebesar seratus ribu rupiah. Bila sudah menghasilkan, hasilnya bisa diputar dan dijadikan modal/saldo ke akun aplikasi lagi agar bisa terus bertambah keuntungannya.

Jadi hal utama dalam mempertimbanhkan peluang usaha ini yaitu tak butuh modal besar untuk memulai.

Tetapi yang utama adalah kemauan dan semangat yang besar.(redo)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *