Peluang Bisnis dan Simulasi Keuntungan Usaha PPOB

ilustrasi konter pulsa.(youtube)

Cara mendaftar jadi mitra PPOB Solusi Bayar, cukup download aplikasi Solusi Bayar dan menghubungi kontak/WA costumer service 04114099128 atau melalui email, admin@solusibayar.co.id.

Simulasi Keuntungan Bisnis PPOB

ilustrasi; konter pulsa di Mandalika, NTB.(*)

Sekilas keuntungan bisnis PPOB terbilang kecil, karena keuntungan yang didapatkan hanya berkisar Rp 1.000 hingga Rp 2.000 per transaksi. Namun, bukan berarti bisnis ini tidak bisa memberi keuntungan besar.

Salah satu kunci sukses bisnis PPOB yaitu bukan dilihat pada besarnya nilai sebuah produk yang ditransaksikan tetapi banyaknya jumlah transaksi.

Bacaan Lainnya

Misalnya, transaksi pembelian pulsa hape senilai 10.000 atau lebih kecil yang dilakukan puluhan atau bahkan mencapai ratusan kali dalam sehari, maka makin besar pula omzet dan keuntungannya.

Belum lagi keuntungan dari pembayaran tagihan listrik pasca atau prabayar (voucher listrik), PDAM, paket data, dan menu transaksi lain-lain. Keuntungan per transaksi mungkin hanya recehan, namun jika pengalinya banyak, besar pula untungnya.

Olehnya, pelaku bisnis PPOB juga dituntut memiliki strategi penjualan agar lebih banyak menarik pembeli seperti promosi di media sosial atau membuat kreativitas lain yang bisa menarik perhatian orang untuk bertransaksi di tempatnya.

Berikut contoh simulasi estimasi dan keuntungan bisnis produk PPOB di salah satu aplikasi yakni Solusi Bayar :
(estimasi dipilih nilai tengah karena tiap aplikasi bisa saja berbeda selisih keuntungan)

  • PLN (pascabayar/prabayar): Rp 2.000 per transaksi
  • PDAM : Rp 1.000/transaksi
  • BPJS Kes : Rp 1.500/transaksi
  • Pulsa/paket data : Rp 1.500/transaksi
  • Topup Ewallet : Rp 2.000/transaksi

PLN : Rp 2.000 x 20 kali transaksi = Rp 40.000
PDAM : Rp 1.000 x 20 kali transaksi = Rp 20.000
BPJS Kes : Rp 1.500 x 20 kali transaksi = Rp 30.000
Pulsa/paket data : Rp 1.500 x 30 kali transaksi = Rp 45.000
Topup Ewallet : Rp 2.000 x 20 transaksi = Rp 40.000

Jika transaksi diatas diestimasikan dalam sehari maka total keuntungan (tidak termasuk nilai modal/saldo produk) yang diperoleh oleh pelaku usaha bersangkutan sebesar Rp 175.000.

Bila jumlah itu dikalikan selama sebulan atau 30 hari maka total keuntungan mencapai Rp 5,25 jutaan.

Keuntungan itu hanya bersumber dari 5 item menu atau layanan transaksi saja, belum termasuk jasa pembayaran atau produk lain yang laku terjual.

Misalnya si pelaku bisnis juga menjual aksesori hape, cemilan, jasa servis hape atau elektronik lainnya yang turut menyumbang omzet dan penghasilannya dalam sehari.

Nah, itulah sekilas tentang peluang bisnis dan simulasi keuntungan usaha PPOB. Semoga artikel ini memberi manfaat dan referensi bagi yang ingin memulai atau mencoba bisnis PPOB.(*)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *