Pemkab Sinjai Bangun Pusat Industri Logam dan Peternakan, Ini Peluang bagi IKM

ilustrasi peralatan pertanian (wallpaperflare.com)

SINJAI, SOLUSINEWS.ID  – Tahun 2021 ini Pemerintah Kabupaten Sinjai akan membangun Sentra Industri Peternakan dan Sentra Industri Logam yang bertempat di kecamatan berbeda.

Sentra Industri Peternakan akan dibangun di Desa Gareccing, Kecamatan Sinjai Selatan, sementara Sentra Industri Logam berlokasi di Desa Lamatti Riattang, Kecamatan Bulupoddo.

Pelaksana Tugas Kepala Disperindag dan ESDM Sinjai, Muh Saleh, mengungkapkan untuk Sentra Industri Peternakan akan menyerap dan menampung 20 kelompok Industri Kecil dan Menengah (IKM).

Sementara pada Sentra Industri Logam akan disiapkan tempat untuk 10 IKM.

Bacaan Lainnya

“Tempatnya kita bangun, sarana dan prasarananya termasuk rumah produksi. Jadi, mereka tinggal masuk dan siap berproduksi. Semoga tahun depan sudah difungsikan,” jelasnya, Senin (15/3/21).

Saat ini kedua proyek pembangunan sentra industri tersebut dalam tahap desain. Tender pekerjaan diagendakan pada April atau Mei 2021.

“Saya kira tidak ada kendala karena lahan yang menjadi lokasi pembangunan nanti merupakan lahan milik Pemkab Sinjai,” terangnya.

Terkait hal itu, Bupati Sinjai Andi Seto Asapa (ASA) mengharapkan kedua sentra industri itu nantinya dapat memenuhi kebutuhan masyarakat, khususnya makanan hasil olahan daging dan peralatan dari hasil logam.

Berbagai hasil olahan daging siap disajikan dan dipasarkan melalui Sentra Industri Peternakan seperti daging beku, abon, bakso daging sapi maupun daging ayam.

“Demikian halnya di Sentra Industri Hasil Logam, pelaku IKM bisa memproduksi peralatan kerja seperti parang, pisau, cangkul, dan sejenisnya,” tutur ASA.

Adapun total anggaran yang disiapkan membangun dua sentra industri itu sebesar Rp 32 miliar yang bersumber dari Dana Alokasi Khusus (DAK).

Sentra Industri Peternakan akan menggunakan pagu anggaran Rp 25 miliar lebih dan Sentra Industri Logam akan menggunakan anggaran Rp 6 miliar lebih.(*)

 

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *