Pesona Desa Wanua Waru 4, Ada Ornamen Pilar Bassang di Gua Liang Pannning

Salah satu gua berair di yang berada di Dusun Langi, Desa Wanua Waru, Kecamatan Mallawa, Kabupaten Maros, Sulawesi Selatan. (ridwan putra/solusinews)
Permukaan lantai gua di Liang Panning 2. Ada biota kecil bercangkang siput di salah satu petaknya. (ridwan putra/solusinews)

Mutiara Gua

Selain itu, di lantai sekitar ornamen pilar “bassang” tadi, saya menjumpai “buah-buah kristal” lagi seukuran kacang.

Bentuknya bulat berkilau seperti mutiara, makanya ornamen ini bernama cave pearsl atau mutiara gua.

Dari literasi di internet, mutiara gua ini adalah kumpulan batu kalsit yang berkembang pada lantai atau kolam gua yang terbentuk dari adanya tetesan air.

Bacaan Lainnya

Rasanya ingin membawa mutiara gua berkilau ini pulang, tapi karena ada etika alam berslogan Don’t Take Anything but Picture, saya cukup mengambil  videonya saja sambil berencana menikmati es Buah Kristal saat kembali ke kota. Hahah..

butiran lantai gua atau mutiara gua yang berkilau di salah satu lantai gua. (ridwan putra/solusinews)

Sejumlah lorong serta “jendela-jendela” yang menembus tebing gua, rasanya semakin menarik untuk dijelajahi.

Namun, waktu dan kondisi kelengkapan penyusuran gua yang belum cukup memadai sehingga saya dan tim hanya bisa melakukan eksplorasi di dua bilik ruang gua tersebut.

Selanjutnya, kami pun keluar dan meninggalkan gua ini untuk melanjutkan perjalanan menuju gua berair yang rasanya ngeri-ngeri basah saat melaluinya. Hihihi.

Sebelum start ke sana, di bawah mulut gua tadi, tak lupa saya mengambil sepasang sandal jepit saya yang setia dijaga si Rembo, anjing pemandu milik Imran yang telah pensiun sebagai anjing pemburu hama babi.

Nama gua bersungai yang kami telusuri berikutnya itu dinamakan Gua Makkaraowe. Jaraknya dari gua yang memiliki ornamen langka dan “pilar bassang” tadi, sekitar 300 meter.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *