Sentra Industri Logam di Sinjai Akan Beroperasi Tahun 2022, 10 IKM Akan Dilibatkan

ilustrasi ; Pekerja menggarap pembuatan tatakan kompor di Sentra Industri Kecil dan Menengah (IKM) logam Ngingas, Waru, Sidoarjo, Jawa Timur, beberapa waktu lalu. (ANTARA FOTO/Umarul Faruq/kye/17).(*)

SINJAI, SOLUSINEWS.ID – Pemerintah Kabupaten Sinjai akan memulai mengoperasikan Sentra Industri logam yang bertempat di Desa Lamatti Riattang Kecamatan Bulupoddo.

Pembangunan kompleks dan gedung Sentra industri ini telah rampung tahun 2021.

Anggaran pembangunannya bersumber dari Dana Alokasi Khusus (DAK) Kabupaten Sinjai tahun 2021 sekitar Rp 6 milliar.

Bacaan Lainnya

Kepala Dinas Perindustrian, Perdagangan, dan ESDM Sinjai, Muh Saleh, mengatakan hal itu, Jumat (5/5/2022).

Saleh menyampaikan sentra industri logam di Lamatti akan segera difungsikan tahun ini dan tahap awal akan diisi 10 kelompok Industri Kecil dan Menengah (IKM).

Selain menyediakan fasilitas bangunan bagi pelaku IKM, pemerintah setempat juga menyiapkan rumah produksi serta peralatan yang modern.

“Jadi tempatnya sudah kita bangun, termasuk sarana dan prasarananya. Mereka tinggal masuk dan siap berproduksi. Insya Allah tahun ini sudah difungsikan,” ungkapnya.

Sementara Bupati Sinjai Andi Seto Asapa (ASA) mengharapkan sentra industri logam di Lamatti itu dapat menambah potensi ekonomi khususnya dalam produksi hasil logam daerah.

Ia menyebutkan melalui sentra industri logam tersebut, pelaku IKM bisa memproduksi parang, pisau, cangkul, dan sejenisnya yang dibutuhkan dalam sektor pertanian, perkebunan, dan lainnya.

“Semoga dalam waktu dekat bisa difungsikan sehingga akan berdampak pada pendapatan masyarakat,” harapnya.

Selain Sentra Industri logam, Bupati ASA juga mendirikan sentra industri peternakan di Kecamatan Sinjai Selatan yang akan menyerap tenaga kerja baru sekaligus mendorong perekonomian daerah.(*)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *