Travel Story Pesona Desa Wanua Waru 2, Staycation di Villa Liang Panning

Rebahan di ayunan hammock di teras Villa Liang Panning.

LUAS Desa Wanua Waru di Kecamatan Mallawa, Kabupaten Maros, Provinsi Sulawesi Selatan, 21,22 km² dengan jumlah penduduk 1.567 jiwa berdasarkan data tahun 2017.

Pusat pemerintahan desa ini berada di Dusun Wanua Waru. Dusun lainnya di desa ini yaitu Dusun Langi dan Dusun Tanete.

Agenda ke Desa Wanua Waru di Kecamatan Mallawa, Kabupaten Maros, Sulsel, sebenarnya sudah saya rencanakan pada Juli 2021 lalu.

Tokoh dan entrepreneur muda asal Mallawa, Rudihartono, mengajak saya untuk menjejaki langsung gua purba Liang Panning sekaligus melihat potensi wisata di desanya.

Bacaan Lainnya

Namun rencana itu sempat tertunda karena saya tengah menanti masa melahirkan istri yang kata dokter diperkirakan melahirkan akhir Juli atau awal Agustus.

Alhamdulillah, pada Juli 2021 yang dinanti telah lahir, bayi mungil dan cantik, di RSIA Amanat, dekat kediaman Jusuf Kalla di Jl Haji Bau Makassar.

Barulah di awal September 2021, saya berkesempatan menyambangi Desa Wanua Waru yang berada di wilayah perbatasan Kabupaten Maros dengan Bone.

Makan malam bersama Kepala Desa Wanua Waru, Abd Hannan, dengan menu kuliner khas lokal di Villa Liang Panning.

Dalam perjalanan ke Desa Wanua Waru, Rudihartono juga mengajak koleganya di bidang pariwisata dari Kabupaten Barru bernama Pak Amiruddin Rahman.

Pak Amir, sapaan Amiruddin Rahman, adalah salah satu senior Rudihartono di masa kuliah yang cukup lama berkecimpung dalam dunia traveling di Kabupaten Toli-toli, Sulawesi Tengah.

Pertemuan Rudihartono dengan Pak Amir kali ini ibarat reuni sejak keduanya tak berjumpa lagi sekitar 20-an tahun lalu.

Dari kunjungan langsung Pak Amir di Desa Wanua Waru, Rudihartono dan pemangku kebijakan Desa Wanua Waru berharap memperoleh ide-ide dan saran terkait potensi wisata yang perlu dikembangkan atau dipoles di desa tersebut.

Pak Amir dijemput di kota Maros di Warkop Kopi Pagi di kawasan kuliner Pantai Tak Berombak (PTB) Maros.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *