Xiaomi Rajai Pasar Indonesia Geser Vivo, Oppo dan Samsung

SOLUSINEWS.ID – Smartphone asal negeri Tirai Bambu, Xiaomi berhasil merajai pasar ponsel Indonesia. Merek yang tengah naik daun ini menggeser merek ternama lainnya, seperti Vivo, Oppo, dan Samsung pada kuartal II-2021.

Kondisi ini membuat perusahaan yang dipimpin Lei Jun ini, untuk kali pertamanya menguasai pasar smartphone Indonesia dari sisi pengiriman.

Berdasarkan riset dari lembaga Counterpoint pada kuartal II-2021 yang dikutip dari CNBCIndonesia, pengiriman ponsel di Indonesia meningkat 28 persen dibanding tahun sebelumnya.

Kenaikan ini tercatat karena didukung dengan penawaran pada hari raya Idul Fitri lalu dan launching smartphone terbaru mereka.

Apalagi, basis yang lebih rendah pada kuartal I-2021 membuat pertumbuhan kuartal II menjadi lebih tinggi.

“Pertumbuhan dikarenakan jumlah pengiriman smartphone yang tinggi di kuartal II. Hal itu didorong oleh pemulihan belanja konsumen, berkat perayaan Idul Fitri,” ujar Analis Counterpoint Paula Ruth.

Berikut deretan penguasa pasar ponsel Indonesia kuartal pada II-2021 menurut Counterpoint:

  • Xiaomi dengan pangsa pasar 26 persen
  • Vivo dengan pangsa pasar 21 persen
  • Oppo dengan pangsa pasar 20 persen
  • Samsung dengan pangsa pasar 13 persen
  • Realme dengan pangsa pasar 11 persen
  • Merek lainnya dengan pangsa pasar 9 persen.

Dari data yang dirilis Counterpoint, smartphone Xiaomi merupakan yang paling laris. Di antara serinya ialah, Redmi 9C, Redmi 9A, dan POCO M3.

Sementara, Vivo memiliki ponsel Vivo Y12s, Vivo Y1s, dan Vivo Y20s. Oppo memiliki ponsel Oppo A54, Oppo A15 dan Oppo Reno 5 5G.

“Keberhasilan Xiaomi di kuartal ini karena popularitasnya. Produk yang pas dengan kantung orang Indonesia,” ujar Analis Senior Glen Cardoza, masih dikutip dari situs yang sama.

Ditambah lagi, preferensi konsumen di Indonesia memang mengutamakan harga yang terjangkau. Inilah yang dinilai selaras dengan brand Xiaomi.

Bukan hanya, memimpin dalam pengiriman smartphone di Indonesia, namun juga menduduki puncak penjualan online, dengan meraih sekitar 30 persen pangsa selama kuartal tersebut. (*)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *