5 Tips Mengatasi Bau Kaki tak Sedap

ilustrasi semprotan anti bau kaki.(*)

SOLUSINEWS.ID – Selain bagian ketiak, bagian badan yang kadang menimbulkan bau tak sedap saat atau setelah beraktivitas adalah telapak kaki.

Hampir sama dengan bagian ketiak, secara fisiologis, kaki pun dapat memproduksi keringat dalam jumlah banyak.

Munculnya keringat merupakan hal wajar pada tubuh yang bertujuan menjaga kelembapan kulit.

Saat keringat muncul, maka beberapa bakteri pun bereaksi untuk mengatasi minyak dan sel kulit mati.

Bacaan Lainnya

Ketika keringat dan bakteri bercampur maka akan memicu timbulnya bau kaki. Pada kondisi ini, efek bau yang timbul beragam pada setiap tubuh individu.

Penyebab bau kaki ini juga dapat disebabkan masalah infeksi jamur dan gangguan kesehatan tertentu.

Selain itu, bau kaki bisa dipicu oleh perawatan kaki yang minim misalnya terdapat endapan kotoran pada kuku karena tak dibersihkan.

Atau karena sering menggunakan sepatu, kaus kaki, yang kotor, atau basah.

Sebagai upaya menjaga kebersihan kulit dan mengantisipasi timbulnya bau tak sedap pada kaki, berikut tips yang bisa dipraktikkan :

1. Cuci dan Keringkan Kaki

Cucilah kaki dengan air bersih dengan sabun anti bakteri dua kali sehari. Misalnya saat bangun pagi dan sebelum tidur malam.

Bisa juga dilakukan setiap kali mandi pagi dan sore. Setelah dicuci, keringkan kaki hingga ke sela-sela jari dengan kain atau handuk khusus.

2. Rutin Bersihkan / Memotong Kuku

Tak masalah bila sengaja ingin memanjangkan kulit kaki, namun sebaiknya rajin juga dibersihkan jika terdapat kotoran yang melekat di bagian ujung kuku.

Untuk lebih antisipatif terhadap kotoran, sebaiknya rutin memotong kuku setiap pekan atau setiap Hari Jumat.

3. Bersihkan Sepatu / Ganti Kaos Kaki

Membersihkan sepatu secara rutin atau saat sepatu dalam keadaan kotor bisa membantu menjaga kesehatan atau kebersihan kulit dari ancaman bakteri penyebab bau kaki.

Bila memiliki gejala keringat berlebih pada kaki, sebaiknya pilih sepatu yang berbahan nyaman di kulit atau memiliki ventilasi/sirkulasi udara agar kaki tidak mudah berkeringat atau apek.

Selain itu, rutinlah mencuci kaos kaki atau mengganti kaos kaki yang kotor atau bau dengan kaos kaki yang bersih.

Air keringat pada kaki akan menyertakan daki pada kain kaos. Bila kaos tidak diganti selama beberapa waktu, tentu akan membuat kaos kaki kotor dan bau.

4. Rendam dengan Air Garam

Rutin merendam kaki dengan air garam dapat mengatasi bau kaki. Pasalnya garam memiliki sifat antibakteri dan mampu mengontrol keringat berlebih.

5. Pakai Tawas Cair

Salah satu cara yang efektif lainnya adalah menggunakan tawas cair semprot atau deodorant spray berbahan tawas.

Istilah ilmiah untuk Tawas adalah alumunium sulfat atau alum. Tawas secara umum dikenal masyarakat sebagai bahan ampuh untuk menghilangkan bau badan khususnya ketiak.

Selain itu, tawas juga dipakai untuk menghilangkan bau dan bakteri pada air. Misalnya untuk menjernihkan dan menghilangkan bau air sumur bor atau kolam renang.

Penggunaan tawas ini bisa dalam bentuk tawas batu, tawas bubuk, dan tawas cair.

Nah, salah satu bentuk tawas yang cukup efektif dan ampuh mengatasi bau ketiak adalah dengan menggunakan tawas cair atau deodorant spray.

Tawas semprot untuk mengatasi bau badan ini umumnya bisa dipesan dari toko online atau situs marketplace.

Selain itu, bisa dibuat sendiri dengan menggunakan tawas bubuk yang dicampur dengan air sesuai kebutuhan.

Jika tak ingin repot, sebaiknya cukup pakai produk tawas cair semprot (deodorant spray) yang sudah jadi yang biasanya dijual online shop.

Salah satu online shop yang menyediakan produk tawas semprot (Tawas Deodorant Spray) yang sudah siap pakai yaitu RRshop.

Tawas Deodorant Spray ini disertai aroma soft Vanilla yang memberi rasa wangi menyegarkan dan rasa percaya diri saat dipakai beraktivitas.

Tersedia ukuran botol 30mililiter (ml) dan 60ml yang simpel dan nyaman dibawa kemana-mana. Selain itu terdapat aroma lembut vanila sehingga lebih nyaman digunakan.

tawas cair semprot peredam bau badan

Tawas Deodorant Spray ini aman digunakan karena hanya menggunakan material alami yaitu tawas bubuk sebagai bahan utama.

Masa pakai atau masa simpannya pun cukup lama yaitu 18 hingga 24 bulan.

Cara pakainya sederhana. Cukup semprotkan 2 hingga 3 kali pada ketiak dengan jarak 4-5 cm.

Bisa digunakan walau Anda tidak mandi sekalipun. Namun, agar kulit badan lebih sehat sebaiknya dipakai setiap kali usai mandi.

Daya tahannya dijamin bisa meredam bau ketiak bisa seharian. Bahkan pada kondisi tertentu, mampu meredam bau badan hingga 48 jam.

Bagi pemesan di area Kota Makassar dan sekitarnya, Tawas Deodorant Spray ini bisa diantarkan langsung ke tempat pemesan atau COD (bayar di tempat) minimal pemesanan 2 botol.

Produk Tawas Deodorant Spray ini bisa dipesan dengan menghubungi nomor WA 0898-072-9059 (RRShop).

Sementara bagi yang berminat menambah penghasilan dengan menjadi reseller, mendapatkan harga paket khusus sesuai ketentuan yang berlaku.

Dengan kemasan botol semprot mungil dan modis, tentunya tawas semprot peredam bau badan akan nyaman dibawa dan disimpan dimana saja.

Bahkan bisa juga dijadikan hadiah atau oleh-oleh buat keluarga, pasangan, teman dekat, atau buat tukang kebun atau tukang batu yang lagi kerja di rumah Kamu.(*)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *