Batas Lamaran 21 Mei 2021, PT Vale di Lutim Butuh Ahli Media dan Jurnalistik

lowongan kerja pt vale
ilustrasi kendaraan alat berat bekas dump truck milik PT Vale Indonesia di Taman Mining PTVI. PT Vale membuka lowongan kerja di bidang komunikasi.

SOLUSINEWS.ID – Perusahaan tambang dan pengolahan nikel di Sorowako, Kabupaten Luwu Timur, Sulsel, PT Vale Indonesia, membuka rekrutmen pegawai atau lowongan kerja di bulan Mei 2021 untuk dua posisi.

Dua posisi yang dibuka tersebut, Senior Koordinator Komunikasi dan Senior HR Business Partner. Batas waktu lamaran yang dibuka hingga 21 Mei 2021.

Bersumber dari situs vale.com, berikut kriteria dan persyaratan untuk dua posisi tersebut :

Senior Koordinator Komunikasi

Bacaan Lainnya

Posisi ini memiliki tujuan dapat menjalin sinergitas dengan media dalam menyampaikan visi, kebijakan, dan strategi perusahaan secara positif, konsisten, dan kredibel.

Peran ini diharapkan dapat mengedukasi dan menarik media untuk membuat berita, feature, artikel, dan dampak publisitas media tersebut dapat menjangkau masyarakat luas.

Selain itu memberi pemahaman kepada masyarakat akan keberadaan perusahaan serta bertindak sebagai perwakilan aktif perusahaan sekaligus mendukung hubungan luas dengan media dalam pendekatan komunikasi dua arah dan setara.

Lokasi atau penempatan kerja posisi ini yaitu di Sorowako, Kabupaten Luwu Timur. Rekrutmen ini berskala nasional atau terbuka bagi pelamar yang berdomisili di luar wilayah Sulsel.

Peran dan tanggung jawab sebagai berikut :

  1. Pemantauan dan analisis berkala terhadap berita yang relevan di media dan memberikan klarifikasi langsung terhadap berita yang tidak akurat atau yang tidak sesuai dengan data dan fakta.
  2. Mendukung publikasi acara perusahaan seperti lokakarya, seminar, atau konferensi pers tentang masalah tertentu dengan menyiapkan siaran pers dan daftar pertanyaan dan jawaban untuk wartawan dan pejabat perusahaan.
  3. Memberikan penjelasan singkat kepada manajemen tentang komunikasi yang efektif dengan media, tema yang menarik untuk dieksplorasi, dan melengkapi direktur perusahaan dengan dokumen pendukung yang cukup sebelum wawancara dengan media.
  4. Menjaga dan mengelola hubungan yang dapat diandalkan dengan media yang menulis tentang perusahaan dengan informasi yang nyata dan transparan, dan yang terpenting, tindak lanjut yang jelas untuk melengkapi mereka dengan tindakan-tindakan penting yang diperlukan.
  5. Secara aktif memantau tren liputan media tentang perusahaan dan isu-isu terkait dan menghasilkan strategi inovatif keterlibatan media.
  6. Mengoptimalkan media gathering sebagai wahana yang efektif untuk mengedukasi jurnalis tentang aktivitas perusahaan dan korelasinya dengan berbagai isu.
  7. Mengadakan kunjungan lapangan media partner dengan baik ke wilayah operasi perusahaan yaitu Sorowako, Pomalaa, dan Bahodopi, untuk memberikan wawasan yang lebih luas bagi wartawan tentang keberadaan perusahaan, operasional, tantangan, dan kontribusi kepada masyarakat sekitar.
  8. Mengembangkan dan memperbarui daftar mitra media di semua tingkatan.
  9. Berkoordinasi dengan departemen lain untuk menghasilkan FAQ tentang isu-isu sensitif dan kritis untuk publikasi media.
  10. Mendukung pertukaran informasi dan transformasi pengetahuan dan keterampilan kepada petugas komunikasi yang ditugaskan untuk mengkoordinasikan tugas serupa untuk wilayah Sulawesi.
  11. Mengkoordinasikan dan memberikan dukungan teknis kepada relasi media pihak ketiga / mitra penyedia dalam mencapai kualitas produk / layanan yang baik.
  12. Melakukan tugas tambahan yang diberikan oleh SM / DIR sebagai bagian dari peluang pengembangan diri.

Spesialisasi Teknis:

  1. Memiliki keterampilan menulis, mengedit dan menerbitkan rilis berita, surat kepada redaksi, materi media lainnya.
  2. Memiliki keterampilan yang baik dalam komunikasi dan pengetahuan tentang media nasional, regional, dan lokal.
  3. Mampu membangun dan mengelola jaringan dan relasi media dan jurnalis, termasuk organisasi dan lembaga terkait.
  4. Mampu berkontribusi dalam mengembangkan strategi perusahaan pada media relations berdasarkan kaidah dalam menangani isu.
  5. Mampu memunculkan ide-ide baru dan inovatif untuk menjaga publikasi media yang lebih luas dan lebih berkualitas.

Persyaratan:

  1. Gelar sarjana, jurusan Komunikasi lebih disukai.
  2. Minimal memiliki 5 tahun pengalaman terkait di bidang jurnalistik
  3. Lebih disukai memiliki sertifikasi kehumasan atau anggota aktif dalam lembaga kehumasan.
  4. Fasih berbahasa Inggris baik lisan maupun tulisan.

Bagi yang berminat memasukkan lamaran untuk posisi tersebut disilakan mengisi aplikasi lamarannya melalui link https://forms.office.com/r/M5HZcwc94f.

Untuk informasi lebih lanjut dapat menghubungi perusahaan melalui email: ptvi_recruiting@vale.com, atau www.vale.com.

Senior HR Business Partner

Lokasi kerja posisi ini juga di Sorowako, Kabupaten Luwu Timur, Sulsel, untuk rekrutmen nasional.

Tujuan dan peran posisi ini antara lain yaitu sebagai konsultan internal yang ditugaskan di departemen area operasi.

Berkonsultasi, mengatur, mengamati, menganalisis, memfasilitasi, dan memberi nasehat / merekomendasikan peningkatan efektivitas organisasi dan kepemimpinan.

Serta tata kelola dan norma kepatuhan PT Vale Indonesia (PTVI) untuk memastikan praktik manajemen efektif dan efisien sejalan dengan bisnis PTVI.

Berikut 8 poin tugas untuk posisi Senior HR (Human Resources) Business Partner:

  1. Konsultasi manajemen area tentang prosedur HR/SDM termasuk proses bisnis, prosedur, dan kebijakan untuk memastikan implementasi yang sukses dan efektif di bidang masing-masing
  2. Menyarankan manajemen area tentang organisasi dan efektivitas kepemimpinan untuk memastikan keselarasan dengan kebutuhan bisnis perusahaan termasuk visi, misi, keharusan, tujuan dan sasaran.
  3. Mengatur proses penilaian kompetensi individu berdasarkan profil peran untuk mengidentifikasi kebutuhan pengembangan dan perencanaan karir karyawan.
  4. Memantau pelaksanaan Individual Development Plan (IDP) untuk menjaga keberlanjutan pengembangan karyawan di semua Area
  5. Mengaktifkan proses penilaian kinerja non-staf untuk memastikan kepatuhannya terhadap PKB dan pedoman yang diberikan oleh manajemen
  6. Memfasilitasi proses penilaian kinerja staff up dengan menggunakan Sistem CSP untuk memastikan kepatuhannya dengan norma Vale dan pedoman yang diberikan oleh manajemen
  7. Membantu manajemen area dalam mengidentifikasi dan menganalisis kebutuhan tenaga kerja untuk memastikan keselarasannya dengan target dan sasaran perusahaan
  8. Koordinasi fungsi tatap muka antara manajemen area dan fungsi HR masing-masing untuk resolusi masalah dan memastikan area solusi segera disiapkan seperti yang diharapkan.

Spesialisasi Teknis :

  1. Menguasai bahasa Inggris lisan dan tulisan
  2. Mengetahui norma kesehatan dan keselamatan
  3. Memiliki keterampilan presentasi yang bagus
  4. Mampu mengusulkan dan melaksanakan inisiatif perbaikan proses dan pengurangan biaya
  5. Mampu menghasilkan laporan yang berdampak tinggi
  6. Mampu mengatur waktu secara efektif.

Persyaratan :

  1. Gelar Sarjana Psikologi, Hukum, Manajemen Sumber Daya Manusia, atau Teknik Industri. Lebih disukai Psikolog Bersertifikat I / O.
  2. Pengalaman kerja minimal 8 tahun di bidang sumber daya manusia, diutamakan dari perusahaan pertambangan.
  3. Lancar berbahasa Indonesia dan Inggris
  4. Profesional SDM bersertifikat lebih diutamakan.
  5. Memajukan pengetahuan dan keterampilan dalam hal Sumber Daya Manusia seperti Pengembangan Organisasi, Manajemen Kinerja, dan Pengembangan Manusia.
  6. Bersedia direlokasi ke Site PTVI.

Lamaran untuk posisi Senior HR Business Partner dikirim melalui link https://forms.office.com/r/3qAX1FbeNa dengan batas waktu 12 Mei 2021.

Untuk informasi lebih lanjut dapat menghubungi perusahaan melalui email: ptvi_recruiting@vale.com, atau www.vale.com.

Peluang Lebar untuk Pelamar Wanita

Selain itu, PT Vale Indonesia yang senantiasa mendukung kesetaraan gender, juga membuka peluang yang sama bagi pelamar wanita dalam jumlah yang banyak, “Oleh karena itu kami mendorong pelamar wanita untuk melamar posisi ini,” bunyi isi rekrutmen tersebut.

Hanya pelamar yang memenuhi persyaratan dengan dokumen lengkap seperti yang dipersyaratkan di atas yang akan diberitahukan untuk proses seleksi selanjutnya.

Sehubungan dengan hal tersebut, Vale menekankan bahwa tidak ada organisasi yang mewakili PT Vale dalam melakukan rekrutmen.

Karena itu, Vale mengimbau kepada masyarakat untuk waspada terhadap informasi lowongan kerja palsu yang dimuat pada sejumlah situs lowongan kerja.

Selain itu, ditegaskan bahwa PT Vale tidak pernah memungut biaya apapun dalam proses rekrutmen dari calon pekerja baik berupa transfer maupun tunai.(*)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *