Cara Mengetahui Biaya Pasang Baru dan Tambah Daya Listrik

ilustrasi pemasangan baru listrik rumah tangga (pln.co.id)

SOLUSINEW.ID –  Pemasangan baru atau penambahan daya listrik PLN seringkali diajukan oleh masyarakat untuk memenuhi kebutuhan listrik rumah tangga atau tempat usahanya.

Sebelum mengajukan pemasangan baru atau tambah daya tersebut, biasanya calon pemohon ingin tahu tarif atau ongkos pasang baru atau tambah daya tersebut.

Informasi tentang tarif pemasangan baru atau tambah daya ini yang kadang tidak mudah diketahui pemohon atau masyarakat umum.

Langkah yang biasanya dilakukan masyarakat untuk mengetahui ongkosnya yaitu bertanya kepada tetangga, teman, atau mencari tahu kontak petugas PLN untuk dihubungi.

Bacaan Lainnya

Atau, mencari waktu untuk bisa mendatangi langsung kantor PLN di daerah domisilinya dan menanyakan ongkos pasang baru atau tambah daya listrik.

Selain itu, sebenarnya ada cara online yang cukup mudah dilakukan untuk mengetahui informasi tentang tarif pasang baru atau tambah daya yang berlaku di daerah masing-masing.

tarif pasang baru listrik pascabayar (pln.co.id)

Biaya pemasangan baru atau tambah daya dapat diketahui dapat diketahui hanya dengan mengakses website PLN yaitu layanan.pln.co.id.

Pada website resmi PLN tersebut dapat ditemukan 6 menu layanan yang dapat dipilih sesuai informasi layanan yang dibutuhkan yaitu :

  • Pasang baru – Simulasi pasang baru
  • Sambung sementara – Simulasi sambung sementara
  • Ubaha daya – Simulasi ubah daya

Nah, untuk mengetahui informasi tarif pasang baru atau tambah daya, silakan pilih menu simulasi.

Dari fitur menu tersebut, silakan pilih fitur simulasi untuk mengetahui biaya pasang baru dan jenis produk listrik yang diinginkan apakah listrik prabayar (menggunakan token/voucher) atau pascabayar (postpaid).

Kemudian ada kolom peruntukan dengan pilihan untuk bisnis, rumah tangga, industri, publik, atau sosial. Setelah itu pilih jumlah daya yang diinginkan.

Untuk jenis prabayar, maka akan muncul kolom ‘beli token perdana’ dengan pilihan token listrik senilai 5 ribu, 20 ribu, 50 ribu, 100 ribu, 200 ribu, 500 ribu, dan 1 juta.

Sementara jika memilih produk pascabayar maka hanya ada dua kolom pilihan yang harus diisi yaitu peruntukan untuk apa dan berapa jumlah daya yang diinginkan.

Setelah itu tinggal klik tombol ‘Hitung Biaya’ maka muncul jumlah estimasi tarif pasang baru listrik prabayar atau pascabayar sesuai daerah atau kota tempat tinggal.

ilustrasi biaya tambah daya listrik (pln.co.id)

Tarif tersebut juga bisa diketahui uraiannya meliputi biaya penyambungan, biaya token, pajak penerangan jalan, dan rupiah token yang dikonversi ke Kwh.

Caranya cukup mengklik tombol “detail” yang berada di bawah angka estimasi total biaya yang harus dibayar.

ilustrasi tarif pasang baru listrik prabayar PLN (pl.co.id)

Untuk mengetahui tarif tambah daya listrik pun demikian. Cukup pilih menu “Simulasi Tambah Daya” dan isi kolom-kolom yang disediakan dan pilih jumlah daya yang diinginkan lalu klik tombol “Hitung Biaya”.

Demikianlah cara online mengetahui tarif pasang baru atau tambah daya listrik PLN baik jenis listrik Prabayar maupun Pascabayar.

Semoga tulisan ini bermanfaat khususnya bagi yang ingin mengajukan pemasangan atau penyambungan baru maupun yang ingin menambah daya di rumah atau tempat kerjanya.(*)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *