Platform Cooperative 1, Transformasi Ekonomi Digital yang Tidak Eksploitatif

ilustrasi koperasi digital
ilustrasi digitalisasi koperasi (Thinkstock)

DEWASA ini, perkembangan teknologi informasi berupa internet telah menjadi bagian dari kehidupan sehari-hari masyarakat. Pengguna internet di Indonesia sendiri sudah mencapai  202,6 juta jiwa.

Masifnya angka tersebut dapat menunjukkan bagaimana Internet telah mempengaruhi berbagai bidang salah satunya yaitu bisnis seperti kemunculan perusahaan-perusahaan berbasis teknologi layaknya BukaLapak, Traveloka, dan Kaskus yang lazim dipanggil startup.

Salah satu model bisnis baru yang muncul dengan menggunakan internet merupakan share economy yang memanfaatkan networking effect dan memberikan dampak besar bagi tatanan ekonomi, sosial, dan budaya.

Contohnya dapat dilihat di banyaknya lapangan pekerjaan baru, kontribusi terhadap PDB, kemudahan masyarakat mendapatkan barang dan jasa, dan perubahan orientasi kerja banyak orang.

Bacaan Lainnya

Sebut saja Gojek yang pada 2019 telah berkontribusi sebesar Rp 104,6 triliun atau setara dengan satu persen PDB.

Pada sisi penambahan lapangan pekerjaan baru dapat dilihat data yang diambil oleh Gabungan Aksi Roda Dua (GARDA) pada 2020 lalu yang mengestimasikan adanya 4 juta driver ojek online di Indonesia.

Jumlah tersebut juga baru dari sisi pengemudi ojek online saja, belum termasuk pekerja lain di berbagai bidang seperti IT, desain grafis, sales, marketing, dan banyak lagi.

Meskipun demikian, model bisnis share economy membawa beberapa masalah yang harus dipecahkan.

Salah satunya adalah pembawaan bentuk perjanjian kerja baru bernama kemitraan. Bentuk perjanjian kerja ini lebih memihak pada pemilik platform dari pada mitra, walaupun mitra adalah penggerak utama dalam bisnis tersebut.

Perusahaan berbasis share economy cenderung berpihak kepada investor dibandingkan mitra.

Hal-hal seperti algoritma, data, tarif, bonus, dan berbagai hal lainnya telah diatur oleh pemilik platform dan bukan dari keputusan bersama antara mitra dengan pemilik platform.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *