Upgrade Nomor Telkomsel ke 4G ternyata Mudah dan Gratis, Ini Caranya

Petugas GraPARI Telkomsel AP Pettarani. Kota Makassar, membantu pelanggan Telkomsel mengupgrade kartu nomor teleponnya dari 3G ke 4G di mesin MyGraPARI, beberapa waktu lalu.(redo/solusinews.id)

SOLUSINEWS.ID – Perbedaan mencolok pada kartu operator telepon antara 3G dengan 4G yaitu pada kecepatannya dalam mengakses internet hingga dalam hal pengiriman data.

Kartu operator telepon selular umumnya disebut dengan kartu SIM (Subscriber Identity Module atau Subscriber Identification Module).

Kartu SIM yang banyak digunakan saat ini telah menggunakan jaringan 4G, bahkan sudah ada kartu SIM yang memiliki akses 5G.

Meski demikian, masih ada juga yang masih menggunakan kartu SIM di level 3G.

Bacaan Lainnya

Menggunakan kartu yang masih berkekuatan 3G ini tentunya memiliki kecepatan jaringan yang lebih lambat dibanding 4G dan 5G.

Pasalnya, 3G hanya mampu mengirimkan data hingga kecepatan sekitar 3,1 Mbps dengan rata-rata 0,5 sampai 1,5 Mbps.

Sedangkan 4G mampu mengirim data dengan kecepatan antara  2 hingga 12 Mbps. Bahkan pada kondisi tertentu bisa memiliki kecepatan 100 sampai 300 Mbps.

Nah, sejak Juni 2021, kalangan pengguna kartu Telkomsel yang masih menggunakan kartu 3G ada yang selalu mendapat SMS notifikasi dari Telkomsel untuk segera meng-upgrade kartu SIM-nya ke 4G.

SMS notifikasi upgrade kartu 4G Telkomsel (redo/solusinews.id)

Notifikasi ini bertujuan untuk meningkatkan layanan kecepatan pengguna ponsel yang menggunakan kartu Telkomsel dalam mengakses internet dengan nyaman.

Anda yang mungkin menerima SMS notifikasi Telkomsel tersebut, tak perlu khawatir mengganti kartu SIM Telkomsel 3G ke 4G Anda karena nomor kartu SIM Anda tidak ikut berganti.

Penggantian kartu SIM Telkomsel dari 3G ke 4G, baik itu pengguna nomor kartu AS atau Simpati, malah cukup mudah dan gratis.

Kartu lama 3G Telkomsel akan diganti dengan kartu SIM 4G yang baru dengan nomor yang sama, bila Anda tak ingin mengganti nomornya.

Untuk meng-upgrade sekaligus mengganti kartu Telkomsel lama 3G menjadi 4G bisa dilakukan dengan 3 cara yaitu melalui Online, mesin MyGrapari, dan kantor GraPARI setempat.

Agar lebih jelas, berikut 3 cara mengganti kartu sekaligus meng-upgrade nomor Telkomsel ke layanan 4G dengan mudah dan gratis :

Melalui Online:

Cara ini dilakukan dengan mengunjungi situs resmi Telkomsel dan mengakses layanan fitur Asisten Virtual Telkomsel Veronika. Selanjutnya kamu tinggal ikuti langkah-langkah yang diberikan.

fitur asisten virtual Telkomsel Veronika

Setelah mengklik ikon Asisten Telkomsel Veronika pada website Telkomsel, Anda akan diminta melengkapi data.

Untuk itu Anda perlu menyiapkan Kartu Identitas (e-KTP) dan Kartu Keluarga (KK).

Nantinya Anda akan diminta melakukan foto diri sambil memegang e-KTP, dan foto diri memegang kertas bertuliskan ‘Ganti Kartu’ disertai tanda tangan, dan tanggal pemesanan.

Selain melalui website www.telkomsel.com, fitur Asisten Virtual Telkomsel Veronika ini dapat diakses melalui aplikasi berikut ini :

  • MyTelkomsel: https://my.telkomsel.com/app/chatbot
  • WhatsApp: tsel.me/wa2
  • LINE:  tsel.me/lineVA2
  • Facebook Messengger: tsel.me/fbV2
  • Telegram: tsel.me/telegramVA2

Melalui MyGraPARI

MyGraPARI adalah mesin atau media layanan digital Telkomsel menyerupai ATM (Automatic Teller Machine) bank.

Media pelayanan Walk In Telkomsel ini dapat diakses dan digunakan langsung pengguna kartu Telkomsel di kantor GraPARI Telkomsel setempat yang memiliki mesin MyGraPARI.

mesin MyGraPARI di teras kantor GraPARI Makassar, Jl AP Pettarani, Rabu (23/6/2021).(redo/solusinews.id)

Pengguna kartu nomor Telkomsel 3G yang ingin mengganti dan meng-upgrade ke kartu 4G cukup melengkapi diri dengan membawa Kartu Identitas (e-KTP) atau Kartu Keluarga (KK).

Di depan layar mesin MyGraPARI, Ikuti petunjuk yang muncul dan pilih fitur upgrade kartu 4G.

Anda juga akan diminta mengisi kolom layar dengan nomor Telkomsel yang akan diupgrade ke 4G.

Tak usah khawatir karena biasanya ada petugas atau security yang siap mendampingi dan membantu proses upgrade 4G kartu Telkomsel Anda.

Selain itu, kartu KTP Anda akan diminta ditaruh pada fitur pembaca kartu digital di mesin MyGraPARI.

Bila data dan KTP Anda sukses terverifikasi maka dalam beberapa detik, kartu baru Telkomsel 4G Anda pun akan tercetak dan keluar secara otomatis disertai kertas struk keterangan.

kartu baru 4G Telkomsel hasil upgrade kartu di mesin MyGraPARI Telkomsel AP Pettarani, Makasssar.(redo/solusinews.id)

Tak ada biaya sepeser pun yang dikeluarkan setelah Anda mengambil dan membawa pulang kartu 4G Telkomsel Anda.

Setelah itu silakan ganti kartu nomor 3G Telkomsel lama dengan kartu baru 4G Anda.

Sekadar informasi, kantor GraPARI Telkomsel di Kota Makasar, Jl AP Pettarani, dan mesin MyGraPARI terdapat di teras gedung GraPARI setempat.

Sehingga pelanggan Telkomsel yang ingin melakukan upgrade kartu ke 4G tak perlu masuk antre ke dalam gedung. Cukup melakukannya di teras GraPARI setempat dengan waktu singkat.

Melalui GraPARI

Bila di tempat domisili Anda tak memiliki fasilitas mesin MyGraPARI, maka silakan mengupgrade kartu Telkomsel 3G Anda kepada petugas di kantor GraPARI.

Pastikan Anda membawa ponsel dan kartu 3G agar dapat diproses langsung menjadi 4G di GraPARI setempat.

Selain itu, siapkan e-KTP yang berlaku. Penggantian kartu ke 4G dapat diwakilkan oleh orang lain dengan melampirkan surat kuasa bermeterai Rp 10.000 dari pemilik kartu.

Namun, orang yang diberi kuasa tersebut harus terdaftar dalam satu kartu keluarga (KK) si pemberi kuasa.

Si penerima kuasa juga harus membawa kartu e-KTP asli miliknya dan e-KTP pemberi kuasa, serta kartu keluarga (KK) asli.

Itulah tiga cara meng-upgrade kartu Telkomsel 3G ke 4G bagi pengguna atau pelanggan kartu Telkomsel dengan mudah dan tentunya gratis.

Untuk informasi lebih lengkap mengenai cara upgrade kartu Telkomsel 3G ke 4G dapat dicek melalui website resmi Telkomsel berikut : https://www.telkomsel.com/support/simcard-change.

Bila artikel ini bermanfaat, silakan di-share ya gaess !

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *