Waspada Penipuan Bermodus Tagihan Listrik masuk ke WA Menyertakan File Aplikasi Berbahaya

ilustrasi tautan berbahaya di wa (source: nordvpn.com)

SOLUSINEWS.ID – PLN mengimbau masyarakat pengguna listrik agar berhati-hati dan mewaspadai modus penipuan tentang tagihan listrik yang masuk ke WhatsApp dengan menyertakan link file aplikasi tertentu.

Pesan tersebut marak beredar di WhatsApp di bulan Desember 2022 yang salah satu isinya meminta penerima membuka file aplikasi (APK) untuk mengecek tagihan penggunaan listrik yang dimaksud.

File aplikasi tersebut rupanya dijadikan oknum tak bertanggung jawab menjebak pengguna WA yang menerima pesan itu untuk mengklik atau mendownload aplikasi tersebut yang rupanya aplikasi berbahaya.

Pasalnya saat penerima pesan WA tertarik mengklik file aplikasi hingga mendownloadnya maka aplikasi tersebut dapat dengan mudah mencuri data pribadi korban bahkan akses aplikasi mobile banking pengguna bisa diretas.

Bacaan Lainnya

Isi pesan tersebut pun terkesan mengancam karena mendesak penerima pesan untuk segera merespon dengan membuka fila aplikasi tersebut agar PLN tidak akan memblokir atau memutus daya listrik pengguna.

Terkait beredarnya pesan tersebut di WA, PLN melalui akun media sosialnya pun mengklarifikasi sekaligus mengingatkan masyarakat agar mewaspadai pesan hoaks yang mengatasnamakan PLN tersebut.

PLN menegaskan pesan yang mengajak masyarakat mengunduh file aplikasi itu adalah aksi penipuan dan informasi tersebut tidak bersumber dari PLN.

Untuk informasi terkait layanan dan promo PLN, masyarakat diimbau dapat mengecek langsung melalui aplikasi PLN Mobile.(*)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *