Festival Berburu Babi di Mallawa Dijadwal Desember 2021, Berhadiah Jutaan Rupiah

ilustrasi berburu babi (sumber foto: Tempo/Ahmad Supardi)

MAROS, SOLUSINEWS.ID – Tradisi berburu hama babi hutan bakal kembali digelar di kawasan Baruga, Kecamatan Mallawa, Kabupaten Maros, Provinsi Sulsel, pada Desember 2021.

Kawasan Baruga adalah istilah dari tiga nama desa yang berada di wilayah perbatasan Maros dengan Kabupaten Bone.

Tiga desa ini yaitu Desa Batu Putih, Wanua Waru, dan Gattareng Matinggi yang kemudian dikenal dengan sebutan Baruga.

Ajang berburu babi dengan nama Festival Maddengngeng di kawasan Baruga ini akan dilaksanakan melalui Pengurus Karang Taruna Anggrek Mekar Desa Wanua Waru

Bacaan Lainnya

Maddengngeng adalah kegiatan turun-temurun masyarakat petani di Mallawa termasuk umumnya di daerah lain di Sulsel.

Pesertanya akan berkumpul bersama dengan dilengkapi tombak maupun senjata berburu lainnya lalu masuk hutan untuk berburu babi.

Mereka juga membawa anjing pemburu masing-masing untuk melacak dan melumpuhkan babi yang didapati di dalam hutan.

Kegiatan maddengngeng rutin dilakukan setiap saat di daerah ini dan selalu ramai diikuti oleh peserta atau pemburu babi dari daerah setempat serta dari luar Maros seperti Bone dan Soppeng.

Festival Maddengngeng ini dijadwalkan pada 25 Desember 2021 dengan titik kumpul atau lokasi start untuk berburu di Lapangan Besse Lappa Warue Desa Wanua Waru.

Untuk menyemangati pemburu dan memeriahkan festival berburu babi hutan di kawasan Baruga ini, pihak sponsor dari Solusi Bayar dan putra Saorajae bersama panitia telah menyiapkan total hadiah sebesar Rp 8 juta.

Peserta yang ikut harus berupa tim yang terdiri dari 7 orang, di festival ini ada beberapa kategori penilaian diantaranya buruan terbanyak dan buruan terberat.

Ajang Wisata

Kegiatan ini merupakan salah satu budaya kearifan lokal masyarakat pedesaan dan ajang silaturahmi yang masih terjaga hingga saat ini.

Olehnya, Festival Maddengngeng di kawasan Baruga ini sekaligus bisa menjadi ajang wisata budaya lokal.

Wisatawan lokal maupun asing pun yang ingin menyaksikan langsung tradisi berburu hama babi maupun rusa di pelosok hutan Mallawa ini.

Sementara bagi warga yang hobi berburu pun bisa menyiapkan diri dari sekarang bila berminat mengikuti Festival Maddengngeng ini.

Apalagi, akses transportasi darat menuju kawasan Baruga di Mallawa saat ini sudah cukup lumayan bagus dilalui kendaraan mobil dan bermotor.

Selain itu, pemandangan alam di kawasan ini pun sangat elok dan menyegarkan. Apalagi terdapat beberapa destinasi wisata alam menarik yang dapat dikunjungi di tiga desa di kawasan tersebut, seperti cagar budaya Leang Panning.(*)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *