Ini Langkah Awal untuk Bebas dari Utang yang Perlu Dipahami

SOLUSINEWS.ID – Jika Anda merasa resah dan ingin terbebas dari utang yang membebani hidup Anda selama ini, tips dari youtubers Arli Kurnia ini mungkin bisa menjadi inspirasi untuk mulai melangkah membebaskan Anda dari utang.

Apakah itu utang dalam bentuk kredit rumah, cicilan mobil, tagihan kartu kredit, atau utang dalam menjalankan bisnis atau usaha Anda.

Tipsnya sangat sederhana loh. Menurut Arli Kurnia, hal pertama yang harus Anda lakukan adalah bebaskan beban pikiran Anda. Ikhlaskan diri Anda.

Kalau Anda seorang muslim, resapi kalimat ‘Inna Lillahi wa Inna Ilahi Rajiun’ yang artinya Sesungguhnya Kami adalah milik Allah dan hanya kepada-Nya lah kami kembali”.

Bacaan Lainnya

Mengapa? Kata Arli Kurnia, segala sesuatu yang ada di muka bumi ini hanya milik Allah SWT. Datang dan kembali dari-Nya. Yang Anda miliki di dunia hanyalah titipan.

Olehnya, kata Arli, pertama-tama yang harus dilakukan untuk membebaskan diri dari bena utang, Ikhlaskan hati Anda, lepaskan beban pikiran Anda.

“Ini sebenarnya gampang, yang susah itu mengikhlaskannnya. Lepaskan dulu beban pikiran dan hati Anda,” katanya.

Setelah itu, carilah solusi untuk mengurangi atau melepaskan utang Anda. Apakah ingin menjual harta Anda, barang-barang yang masih dicicil yang membebani hidup Anda, atau mencari usaha atau bisnis tambahan untuk mengatasi utang-utang tersebut.

Semua tergantung pertimbangan dan pilihan anda.

Tapi ingat, yang pertama kali harus Anda lakukan untuk membebaskan diri anda dari utang adalah ikhlaskan diri anda, lepaskan beban pikiran anda, terima keadaan anda.

Lalu melangkah untuk mencari solusinya dengan tidak menambah utang lagi. Lepaskan beban Anda satu per satu.

“Kalau disuruh memilih, saya mending miskin daripada memperkaya diri dengan utang,” kunci Arli Kurnia yang pernah jatuh miskin karena terlilit utang dan bangkit menjadi pengusaha sukses.(*)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *