10 Peluang Usaha yang Bisa Jadi Bisnis Sampingan Jelang Natal dan Tahun Baru

ilustrasi usaha jagung bakar

SOLUSINEWS.ID, – Masih banyak peluang usaha yang bisa dilakukan untuk mendapatkan keuntungan di setiap akhir tahun. Apalagi pada momen natal dan jelang tahun baru di Bulan Desember.

Meskipun pandemi covid-19, usaha-usaha baik produk maupun jasa tersebut bisa memberi keuntungan atau menambah penghasilan khususnya jelang natal dan tahun baru 2021.

Berikut 10 peluang usaha yang bisa jadi bisnis yang menguntungkan yang dirangkum solusinews.id jelang natal dan tahun baru.

Bacaan Lainnya
  1. Bisnis Terompet dan Kembang Api

Terompet dan kembang api seakan sudah menjadi pernak-pernik dalam kebiasaan masyarakat dalam menyambut dan merayakan tahun baru.

Jualan terompet dan kembang api pun tak pernah mati jelang akhir tahun. Selain mudah dibuat, juga mudah dipasarkan. Harganya pun variatif, ada yang murah dan mahal, tergantung jenis dan ukuran.

Tak peduli apakah digunakan di dalam rumah, halaman rumah, atau warga di lingkungan kompleks. Orang dewasa dan anak-anak suka dengan dua benda tersebut.

Bisnis ini bisa dipasarakan dimana saja. Bisa di tepi jalan, teras tempat usaha, depan mini market, di rumah, bahkan dijual secara online pun bisa.

  1. Bisnis Arang

Arang adalah bahan baku yang paling dicari saat ingin membakar ikan, jagung, atau bahan daging lainnya.

Bakar-bakar ikan, ayam, dan jagung, adalah sebagian kebiasaan masyarakat yang selalu dilakukan jelang tahun baru.

Bisnis arang ini pun cukupmenggiurkan. Apalagi sejumlah jenis arang bisa dengan mudah didapatkan dan dipasarkan seperti arang kayu, arang tempurung kelapa.

Arang ini bisa dijual per bungkus sesuai takaran yang diinginkan. Dijual konvensional atau online pun bisa tetap laku.

  1. Bisnis Kalender

Bisnis kalender atau jasa cetak pembuatan kalender bisa menjadi pilihan menarik untuk usaha sampingan jelang tahun baru.

Kalender cetak ini bisa ditawarkan kepada relasi atau perusahaan. Kontennya bisa gambar-gambar ilustrasi atau desain sendiri, maupun gambar yang menyesuaikan keinginan relasi atau perusahaan yang Anda tawarkan.

  1. Bisnis Kue dan Parcel

Makan ringan atau cemilan seperti kue-kue selalu dibutuhkan jelang natal dan tahun baru. Bagi yang merayakan natal, tentunya akan selalu menyajikan cemilan atau kue-kue di rumah untuk tamu maupun kerabatnya yang datang.

Begitu juga dengan parcel. Perusahaan atau individu seringkali membutuhkan parcel sebagai bingkisan untuk diberikan kepada karyawan, kerabat dekat, relasi, dan orang-orang terdekat.

  1. Bisnis Mainan Anak dan Aksesori

Hari besar keagamaan termasuk natal selalu menjadi momen spesial bagi anak-anak. Dan mereka umumnya menyukai mainan yang dipakai saat natal dan tahun baru.

Orangtua pun umumnya membelikan hadiah kepada anak-anak atau keponakan berupa mainan di momen natal. Hadiah-hadiah itu bisa melengkapi pohon natal di rumah mereka.

Selain mainan anak-anak, aksesori natal dan tahun baru juga biasanya dicari oleh masyarakat yang merayakannya.

Aksesori ini bisa digunakan menghiasi perabot dan kelengkapan atau pernak pernik pohon natal di rumah atau tempat usaha.

  1. Bisnis Pakaian

Bisnis pakaian juga selalu dicari saat natal dan tahun baru. Beragam jenis pakaian dan model bisa ditawarkan.

Mengenakan pakaian baru di acara natal dan tahun baru sudah merupakan hal lumrah. Begitu pun di momen hari besar keagamaan lain, kebutuhan pakaian baru selalu dibutuhkan.

  1. Bisnis Travel

Usaha jasa perjalanan wisata tak kalah menggiurkan. Jasa travel wisata ini bisa ditawarkan kepada siapa saja dan perusahaan.

Karena umumnya, jelang akhir tahun, perusahaan memiliki agenda family gathering untuk karyawan atau jajaran pimpinan di perusahaan bersangkutan.

Namun, pihak masyarakat umum pun kerap memiliki agenda wisata akhir tahun. Peluang ini bisa dimanfaatkan oleh siapa saja dengan bekerja sama dengan pihak travel dan menawarkan jasa wisata kepada perusahaan, pengusaha, atau relasinya.

  1. Bisnis Desain Kartu Ucapan

Natal dan tahun baru juga selalu diisi dengan saling memberi ucapan selamat. Biasanya ucapan itu dikirim melalui atau diposting di media sosial mereka.

Ucapan tersebut akan lebih menarik jika didesain dengan bagus. Nah, ini bisa jadi peluang bagi yang memiliki keahlian desain grafis untuk menawarkan jasa mereka.

  1. Bisnis Dekorasi Rumah

Dekorasi rumah juga selalu mengisi kebiasaan masyarakat saat natal dan tahun baru. Suasana rumah yang berbeda dan indah akan memberi suasana baru di momen tahunan tersebut.

Ada berbagai macam bisnis produk maupun jasa yang bisa dijadikan peluang usaha dalam dekorasi rumah antara lain, jasa pengecatan, jasa bersih-bersih rumah, jasa dekorasi, atau menjual bahan dekorasi seperti wallpaper dinding, rak pot bunga, atau aksesori dinding lainnya.

  1. Bisnis Minuman    

Minuman juga dibutuhkan di momen natal dan tahun baru. Jenisnya bisa apa saja. Bisa minuman ringan seperti teh kotak, cocacola, sprite, atau minuman sejenis yang ditawarkan dalam bentuk paket atau kemasan dosan.

Bisa juga minuman keras rendah alcohol seperi bir, anggur, dan sejenisnya yang dibolehkan diperjualbelikan.

Anda bisa bekerjasama dengan pihak distributor atau toko yang menjual produk untuk pengecer dan memasarkan minuman tersebut.(*)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *