Ada 1,5 Juta UMKM di Sulsel, Gubernur BI Paparkan 3 Afirmasi dalam Memajukan UMKM

Pembukaan Gernas BBI-BWI Sulawesi Selatan dihadiri antara lain Wakil Ketua Komisi XI DPR, Amir Uskara, Gubernur BI, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga S. Uno (BI Sulsel)

MAKASSAR, SOLUSINEWS.ID – Upacara Pembukaan Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia, Bangga Berwisata di Indonesia (Gernas BBI – BWI) Sulawesi Selatan diselenggarakan pada 24 Februari 2022 di Kota Makassar.

Pembukaan Gernas BBI-BWI Sulawesi Selatan tersebut dihadiri Wakil Ketua Komisi XI DPR, Amir Uskara, Gubernur BI, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga S. Uno,

Plt Gubernur Sulawesi Selatan, Andi Sudirman Sulaiman, Kepala Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang – Jasa Pemerintah, Abdullah Azwar Anas, dan Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, Luhut Binsar Panjaitan.

Bacaan Lainnya

Melalui ajang itu diharapkan semangat UMKM go export menjadi daya dukung perekonomian Indonesia di tengah pemulihan pasca pandemi.

Oleh karena itu diperlukan beberapa afirmasi kebijakan antara pemerintah pusat dan daerah dalam mendorong UMKM go export.

Gubernur Bank Indonesia, Perry Warjiyo, menyampaikan tiga afirmasi dalam memperkuat sinergi, koordinasi, dan kolaborasi dalam memajukan UMKM.

Pertama, afirmasi keberpihakan pada UMKM, utamanya melalui penyediaan dan penggunaan e-catalog UMKM dalam mendukung proses pengadaan Pemerintah.

Kedua, adalah pemberdayaan UMKM dengan klasterisasi dan pelatihan kewirausahaan, serta akses pembiayaan kepada perbankan.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *