Danny Pomanto Paparkan Potensi Ribuan Lorong Wisata Makassar di Acara Bincang Kita Kompas TV

Wali Kota Makassar Moh Ramdhan Pomanto memaparkan Kota Makassar sebagai Kota Wisata dan Ekonomi Kreatif dalam acara Bincang Kita Kompas TV, Rabu, (25/10/2023).

MAKASSAR, SOLUSINEWS.ID – Wali Kota Makassar Moh Ramdhan Pomanto memaparkan Kota Makassar sebagai Kota Wisata dan Ekonomi Kreatif dalam acara Bincang Kita Kompas TV, Rabu, (25/10/2023).

Sebagai Kota Wisata, kata Danny Pomanto, sapaan akrab Ramdhan Pomanto mengatakan pemkot memiliki konsep wisata berbasis lorong.

Kini, ribuan lorong-lorong di Makassar sudah bertransformasi menjadi Lorong wisata (Longwis).

Bacaan Lainnya

Lorong Wisata merupakan sebuah multi inovasi yang melibatkan masyarakat secara keseluruhan dengan adanya kemandirian berwirausaha di lorong-lorong.

Seperti di Lorong Wisata Sidney, masyarakat di lorong tersebut sudah mandiri karena menghasilkan berbagai macam sayuran hingga dapat bernilai ekonomis karena sudah bisa dijual.

Tidak hanya sayuran, masyarakat melakukan budidaya perikanan di Longwis.

“Uniknya, pelakunya ialah masyarakat awam. Mereka bahkan dapat menjelaskan mekanisme budidaya lobster air tawar, budidaya maggot.

Jadi itulah yang luar biasa dari keterlibatan masyarakat,” ungkap Danny.

Sampai saat ini sudah ada 2.077 longwis dari sebelumnya 1.000-an longwis yang tersebar di setiap kecamatan di Kota Makassar.

Selain itu terdapat slogan ikon baru yang dihadirkan Pemkot Makassar agar membuat wisatawan kian betah di Makassar yaitu “Makassar Kota Makan Enak”.

Ada lagi event Makassar International Eight Festival atau F8 Makassar yang masuk dalam Top 10 Kharisma Event Nusantara Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif bertaraf internasional.(*)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *