Peluang Usaha Produksi Tahu, Ini Bahan dan Modal yang Dibutuhkan

ilustrasi tahu (sumber foto: idntimes.com)

SOLUSINEWS.ID – Meski harga kedelai sebagai sumber bahan baku pembuatan tahu terus meningkat, usaha ini tetap saja eksis hingga saat ini.

Seperti di wiayah Kota Makassar dan daerah sekitarnya, harga kedelai di pasaran dalam pekan keempat bulan Mei 2021 sudah mencapai Rp 11.500 per kilogram.

Padahal, dua pekan sebelumnya bahan baku pembuatan tahu ini bisa diperoleh dengan harga Rp 9.500 per kg.

Bagi Anda yang ingin mengetahui peluang usaha produksi tahu sederhana, berikut bahan atau peralatan serta estimasi modal awal yang dibutuhkan yang bersumber dari blog petanidesajaya.blogspot.com.

Bacaan Lainnya

1. Cetakan Takus

Berfungsi mencetak tahu dengan praktis. Ummnya terbuat dari pelat stainless atau galpanis, namun bisa juga menggunakan cetakan sendiri dari papan.

Cetakan takus ukuran standar bisa menghasilkan 100 potongan tahu berukuran 52/53 cm dalam sekali cetak.

2. Mistar Alumunium

Berfungsi sebagai pemotong tahu bila menggunakan sistem cetak. Bila menggunakan takus tahu maka alat ini tidak perlu digunakan.

3. Tangok

Berfungsi sebagai penyaring kedelai. Biasanya tangok ini terbuat dari bambu. Selain murah, juga bisa dibuat sendiri.

Namun, ada juga yang terbuat dari stainless tetapi harganya pun lumayan mahal.

4. Tampir

Berfungsi sebagai tempat penyimpanan tahu setelah dicetak. Memiliki alas anyaman bambu sehingga air dari sisa pencetakan tahu akan ditiriskan melalui lubang-lubang kecil pada tampir.

5. Sasag

Terbuat dari bahan plastic yang biasanya diletakan di bawah cetakan. Fungsinya agar tahu tidak bopeng saat dicetak.

6. Sendok Aci

Sendok berukuran besar yang digunakan untuk mengaduk adonan tahu yang sedang dimasak. Namun, bisa saja menggunakan alat sejenis sendok dengan fungsi yang sama.

7. Bebedogan

Berfungsi sebagai alat bantu pada saat penyaringan. Alat alternatif juga bisa digunakan yang dibuat sendiri dari bahan kayu atau papan.

8. Cutik

Adalah alat yang berfungsi untuk mengangkat tahu dari cetakan. Alat seperti ini juga bisa dicarikan alat alternatif yang berfungsi sama bila tak ingin membelinya.

9. Tutup Cetakan

Tutup cetakan ini berfungsi untuk menekan tahu agar dapat tercetak sempurna. Biasanya benda ini terbuat dari bahan kayu pinus.

10. Kain Saringan

Kain ini terbuat dari bahan kain sipon. Berfungsi sebagai pemisah antara sari kedelai dengan ampasnya. Alat ini umumnya diperlukan dalam proses pembuatan tahu.

11. Mesin Penggiling

Mesin penggiling kedelai adalah alat utama dalam memproduksi tahu. Harganya bervariasi dan bisa mencapai belasan juta.

12. Bahan lainnya yang perlu disiapkan yaitu ember, timba, dan drum plastic.

Untuk estimasi modal awal usaha produksi tahu berkisar Rp 25-30 juta yang meliputi pengadaan bahan atau peralatan produksi saja.

Namun, jumlah tersebut bisa saja berbeda berdasarkan lokasi dan sumber daya yang digunakan oleh pelaku usaha tahu bersangkutan.(*)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *