Saran Menteri Koperasi dan UMKM: Beli Produk Teman atau Tetangga

  • Whatsapp
Teten Masduki
Menteri Koperasi dan UKM, Teten Masduki saat meninjau pasar.

SOLUSINEWS.ID — Pandemi Covid-19 yang sudah berlangsung sekitar enam bulan, belum menunjukkan tanda-tanda melandai.

Bahkan belakangan ini, di beberapa kota, menunjukkan kenaikan angka penderita positif terpapar virus corona yang sangat signifikan.

Bacaan Lainnya

Situasi tak menentu yang berkepanjangan ini, berdampak langsung pada kondisi ekonomi warga. Termasuk di Indonesia.

Menteri Koperasi dan UKM, Teten Masduki mengemukakan, pertumbuhan perekonomian nasional di tengah krisis multidimensi akan bertumpu pada ekonomi domestik.

Artinya, masyarakat perlu memprioritaskan belanja produk lokal sehingga terjadi perputaran ekonomi di sector Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM).

Ia meminta masyarakat Indonesia membeli produk UMKM, produk tetangga, beli produk teman sehingga game of trade berputar di sektor UMKM.

Ia mengharapkan tumbuhnya rasa nasionalisme yang kuat di masyarakat untuk membeli produk UMKM. Pasar domestik yang melibatkan 260 juta jiwa sangat potensial, minimal menahan laju pertumbuhan di tengah tekanan krisis global.

“Penduduk Indonesia 260 juta jiwa, potensi pasar yang sangat besar. Kalau kesadaran masyarakat kita membeli produk UMKM kuat, kita masih bisa bertahan di tengah krisis akibat pandemi covid-19,” katanya, dalam keterangan tertulis, dikutip dari Sulselonline.com, Sabtu (12/9/2020).

Menurutnya, pemerintah sudah turun memberi berbagai program bantuan untuk menjaga kelangsungan produksi UMKM yang ikut terdampak pandemi Covid-19.

Bantuan itu antara lain restrukturisasi kredit, penghapusan pajak UMK, dan akses pembiayaan dengan bunga rendah. Termasuk bantuan berupa Banpres Produktif sebesar Rp 2,4 juta per orang untuk pelaku usaha mikro. (*)

solusibayar

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *