5 Tips Memulai Usaha dengan Modal Kecil

  • Whatsapp
ilustrasi bob sadino

SOLUSINEWS.ID – Ada banyak alasan yang kerap membuat seseorang menunda atau belum berani memulai usaha atau bisnis. Salah satunya mungkin faktor modal dana yang minim.

Persoalan modal yang dirasa belum cukup atau minim adalah hal yang paling sering menjadi penghambat untuk memulai berbisnis atau membuka usaha sendiri.

Bacaan Lainnya

Padahal, modal duit atau uang yang besar bukan jaminan usaha yang baru dirintis bisa sukses atau menguntungkan.

Malah sejumlah pengusaha sukses banyak yang memulai bisnisnya dari bawah dengan modal yang minim. Mereka kemudian sukses setelah tekun dan belajar menjalani prosesnya.

Dengan modal sedikit pun, ada banyak jenis usaha yang bisa dimulai sesuai minat dan mudah dijalankan oleh yang hendak menjadi pebisnis maupun wirausahawan pemula.

Selain itu, memulai atau mencoba-coba membuka usaha, jangan dulu berharap untung besar sebelum menjalani seluk beluk usaha yang dijalani.

Nah, sebelum memutuskan memulai berbisnis atau membuka usaha dengan modal ‘dengkul’, berikut 5 tips yang disadur dari website simulasikredit.com yang perlu disimak :

  1. Pilih Bidang yang Murah dan Sesuai Keahlian

Cari dan pertimbangkan bidang usaha atau produk (barang atau jasa) yang ingin dipasarkan yang tak butuh modal besar.

Akan lebih bagus lagi jika bidang yang dipilih sesuai minat atau keahlian kamu sehingga nantinya usaha tersebut bisa lebih mudah dikembangkan.

  1. Manfaatkan Media Sosial

Dengan modal sedikit tentunya akan sulit untuk memiliki atau menyewa kios maupun tempat usaha. Salah satu solusi pemasaran yang bisa dilakukan yaitu menggunakan media sosial dalam berbisnis.

Sejumlah akun medsos seperti facebook, instagram, whatsapp, maupun website, bisa kamu manfaatkan untuk menghadirkan keberadaan usaha dan produk kamu di dunia maya.

Kamu juga bisa memanfaatkan sejumlah situs marketplace seperti tokopedia, bukalapak, sophie, dan pelatform digital/online lainnya.

  1. Tatap Muka / Word of Mouth

Selain melakukan promosi dan penjualan secara online, pemasaran dengan tatap muka atau bertemu langsung juga tak kalah efektif.

Misalnya kamu sekali-kali bertemu langsung dengan teman-teman, keluarga, atau anggota komunitas sambil menginformasikan bahwa kamu sementara merintis sebuah usaha dengan menjual produk yang mungkin saja mereka inginkan sewaktu-waktu.

Informasi yang kamu sampaikan itu bisa membantu usahamu makin dikenal saat mereka menyebarluaskan secara mulut ke mulut. Dan saat ada yang butuh barang atau jasa yang kamu miliki, mereka akan menghubungimu.

  1. Manfaatkan Sumber Daya yang Ada

Dengan modal minim, maka kamu harus bisa memanfaatkan sumber daya yang kamu miliki lebih dulu.

Jangan memaksakan diri membeli sesuatu atau kelengkapan untuk mendukung usaha yang kamu rintis sebelum usahamu memberikan keuntungan yang cukup.

Jika masih mengandalkan pemasaran secara online, maka yang cukup kamu butuhkan hanya ponsel / laptop dan internet. Dengan dua hal itu, kamu sudah bisa menjalankan usaha dan menghasilkan keuntungan.

Sumber daya bukan melulu sekadar benda atau fasilitas lainnya, namun juga jaringan atau relasi. Relasi atau teman-teman kamu bisa dibilang saah satu ‘modal’ usaha yang kamu miliki.

Relasi atau teman-teman kamu tak mesti menjadi pembeli atau sasaran pengguna produk yang kamu pasarkan, namun mereka bisa membantu usahamu sesuai dengan potensi atau keahlian mereka masing-masing.

  1. Jangan Boros, Beli Sesuai Kebutuhan

Saat usaha yang dirintis mulai berjalan dan kemudian sudah memberi keuntungan, jangan buru-buru menggunakan keuntungan tersebut dengan tujuan misalnya melengkapi sumber daya usahamu.

Jika sudah mengantongi keuntungan, jangan belanjakan untuk sesuatu yang tidak mendesak atau membeli  barang yang sifatnya “gaya hidup” seperti pakaian mewah atau kendaraan baru.

Pertimbangkan kebutuhan usahamu yang lebih penting untuk bisa tetap berkembang dan bertahan dulu. Kalau bisa berhemat, kenapa harus boros.

Bila dirasakan keuangan kamu sudah lumayan, barulah kamu sisihkan keuntungan usahamu secukupnya untuk membeli keperluan lainnya.

Sebaiknya, pisahkan keuangan usaha dengan kebutuhan sehari-hari kamu agar nantinya tidak blepotan mengelolanya sehingga kamu bisa mengetahui keuntungan dari usahamu.

Itulah 5 tips sebelum memulai usaha dengan modal sedikit. Semoga artikel ini bermanfaat khususnya bagi yang ingin memulai dan mencari-cari bidang usaha dengan modal minim.(*)

solusibayar

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *