Bawa Mobil Matik, Jangan Pakai Posisi D Terus, Ini Tipsnya

ilustrasi (source: auto.economictimes.indiatimes.com)

SOLUSINEWS.ID – Mengemudikan mobil dengan transmisi matik memang mudah, karena cukup menggeser tuas transmisi ke D, pengemudi tinggal atur gas dan mainkan rem mobil sudah bisa jalan.

Tetapi, bagaimana jika pengemudi harus berhadapan dengan jalanan menanjak? Apakah memposisikan tuas transmisi di D dan menginjak pedal gas sudah cukup untuk bikin mobil naik?

Bersumber dari kumparan.com, mekanik bengkel spesialis mobil matik Worner Matic, Hermas Prabowo, mengatakan, dalam praktiknya memang bisa dengan transmisi D. Khususnya jika medan jalan menanjak yang panjang dan tidak terlalu curam.

Bacaan Lainnya

Terlebih lagi matik konvensional AT, ketika pengemudi menginjak pedal gas saat menanjak.

Yang terjadi rasio giginya membaca putaran mesin lebih tinggi dari lajunya. Sehingga bisa berpindah langsung turun sendiri giginya baik dari D ke 3 atau 2.

“Tapi tentunya membuat berkendara jadi tidak nyaman, anjut-anjutan. Maka dari itu agar menanjaknya bisa lancar sebaiknya langsung turun gigi ke yang lebih rendah,” katanya.

Hal ini dilakukan guna mobil tak kehilangan tenaga dan momentum ketika menanjak. Sebab, ketika melakukan perpindahan ke gigi yang lebih rendah, ini akan membuat momentum kehilangan torsi yang berakhir mobil kehilangan tenaga dan mengalami kesulitan menanjak.

Nah, untuk menerjang tanjakan dengan mobil matik, bisa gunakan tahapan yang sama seperti mobil manual. Yakni berpindah-pindah pakai gigi rendah supaya torsi dan tenaga bisa membantu mobil nanjak.

Sayangnya, Hermas menambahkan, banyak pengemudi matik yang masih ragu dan bingung.

Pemahaman pengemudi mengenai mobil matik hanya sebatas injak gas dan rem, tidak disertai dengan teknik menanjak yang tepat.

Sehingga masih banyak yang kurang paham menurunkan gigi bisa langsung atau harus berhenti terlebih dulu. Ini membuat banyak pengemudi matik memilih untuk memposisikan tuas transmisi di D.

“Sebenarnya tak perlu berhenti dulu, jalan seperti biasa dan pindahkan dari D kemudian ke 3, lalu ke 2, seterusnya ke L atau 1 bisa, D langsung ke 2 juga bisa,” lanjutnya.

Berikut tips menggunakan transmisi pada mobil matik :

  1. Hermes mengingatkan, mengemudikan mobil matik AT dalam posisi D artinya laju kendaraan akan bertahap, yaitu dari gigi 1 hingga 4.
  2. Jika menggeser ke 3 atau overdrive, maka percepatan hanya dari 1 sampai 3. Posisi itu ideal untuk menyalip atau ketika dihadapkan dengan tanjakan ringan.
  3. Kemudian bergeser ke 2, maka perpindahan giginya hanya 1 ke 2. Posisi tersebut ideal untuk melawan tanjakan yang curam cenderung panjang.
  4. Sedangkan gigi L atau 1, digunakan untuk melahap jalanan curam yang pendek, ini berguna untuk mencegah perpindahan gigi ke yang lebih tinggi.

Cleanoz, Solusi Perawatan Mesin Kendaraan

Cleanoz cairan tetes perawat mesin dan penghemat BBM sejak tahun 2012.

Tak dapat dipungkiri bahwa fungsi minyak atsiri yang berasal dari tumbuh-tumbuhan, juga banyak digunakan dalam industri otomotif bahkan produk kosmetik.

Salah satu solusi untuk menghemat pemakaian BBM yaitu menggunakan cairan berbahan nabati dari minyak atsiri yang terdapat pada produk Cleanoz.

Cleanoz adalah cairan engine cleaner (pembersih mesin) yang aman untuk mesin kendaraan bermotor karena yang telah melalui Uji Laboratorium Petrolab No. 00992/SO/11/13.

Cairan Cleanoz bisa digunakan pada setiap jenis kendaraan bermotor yang berbahan bakar (BBM) Premium, Pertalite, Pertamax, maupun Solar, karena cairan Cleanoz tidak menaikkan oktan jenis BBM.

Kegunaan dan manfaat Cleanoz yaitu membersihkan kerak piston, menghemat pemakaian bahan bakar kendaraan 20% – 40%, memberikan mesin tenaga lebih besar dengan putaran RPM lebih rendah, Membuat Oli dan mesin lebih awet

Cara penggunaannya sangat mudah yaitu cukup campurkan atau teteskan Cleanoz pada BBM dengan takaran 3 tetes per liter BBM.

Berikan takaran 2x lebih banyak untuk pemakaian pertama kali agar cairan Cleanoz lebih cepat bekerja.

Satu (1) botol Cleanoz (12 ml) dapat digunakan sekaligus untuk 100 liter BBM. Setelah digunakan, tutup rapat botol dan jauhkan dari jangkauan anak kecil.

Tidak ada risiko akibat salah takaran karena Cleanoz aman untuk mesin kendaran.

Clenoz pun bisa dipesan atau didapatkan melalui agen Cleanoz yang ada di setiap kota/kabupaten.

Bagi yang berminat memesan Cleanoz di area Makassar dan sekitarnya, kini tak perlu pusing memesannya karena sudah ada beberapa agen Cleanoz.

Salah satunya Agen Cleanoz Riyadh yang berlamat di wilayah Kecamatan Rappocini ldan Manggala, Kota Makassar.

Untuk informasi dan pemesanan Cleanoz melalui agen Riyadh dapat melalui media sosial dan kontak berikut ini :

  • facebook : Agen Cleanoz Makassar
  • instagram : Cleanoz.Makassar.Sulsel
  • WA Business : 0887-4359-12665

Hemat itu pilihan. Jadi jangan salah pilih produk perawat mesin dan penghemat BBM ya !(*)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *