Danny Pomanto Antar Makassar Masuk Daftar Smart City Indeks 2024

MAKASSAR, SOLUSINEWS.ID – Wali Kota Makassar, Moh Ramdhan Pomanto, berhasil mengantarkan Kota Makassar menuju status Kota Dunia.

Kota Makassar menjadi satu dari tiga kota di Indonesia yang terpilih sebagai Smart City terbaik di Asia Tenggara Tahun 2024.

Prestasi tersebut berdasarkan hasil survei Smart City Indeks (SCI) 2024 yang dirilis Institute Management and Development (IMD).

Bacaan Lainnya

Disebutkan Jakarta, Medan, dan Makassar, masing-masing menduduki peringkat 103, 112, dan 115 dari total 142 kota dunia yang telah disurvei.

Survei tersebut juga membeberkan sisi positif Kota Makassar. Responden menyatakan kepuasan terhadap kemudahan penjadwalan layanan kesehatan secara online (skor 74).

Mengakses peluang kerja secara online (skor 73,9), dan akses jadwal dan pembelian tiket angkutan umum secara online (skor 72,1).

Meski demikian, SCI tetap memberikan beberapa catatan khusus kepada Kota Makassar di antaranya terkait kemacetan lalu lintas, pengangguran dan korupsi.

Terkait hal itu, Plt Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo), Ismawaty Nur, mengatakan Dinas Kominfo terus mendorong implementasi Makassar Smart City melalui berbagai program yang telah berjalan.

“Selain mensupport program smart city antara lain Homecare & Telemedicine dan Pakinta E-Tax, Dinas Kominfo terus mengembangkan Makassar Metaverse, MARVEC,  dan yang terbaru adalah Traffic detection menggunakan AI,” ungkapnya, Minggu (5/5/2024).

Menurutnya, prestasi ini menjadi langkah nyata dalam mewujudkan visi Wali Kota Moh Ramdhan Pomanto yakni percepatan mewujudkan Makassar Kota Dunia yang Sombere’ dan Smart City dengan Imunitas Kuat untuk Semua.

Sementara Presiden Smart City Observatory, Bruno Lanvi dari IMD World Competitiveness Center yang melakukan penelitian ini, mengatakan laporan tahunan SCI menjadi panduan bagi pemerintah kota dalam membangun kota masa depan yang tangguh dan adaptif.(*)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *