Desa Tapong Enrekang Kembangkan Agrowisata Durian Musang King

  • Whatsapp
ilustrasi durian musang king

ENREKANG, SOLUSINEWS.ID – Desa Tapong, Kecamatan Maiwa, merupakan salah satu desa penghasil buah-buahan di Kabupaten Enrekang.

Sejumlah buah-buahan yang tumbuh subur di desa ini termasuk buah durian. Tak heran bila Desa Tapong berpotensi untuk dijadikan sebagai daerah agrowisata buah.

Kepala Desa Tapong, Saharuna Tjabaruddin, mengungkapkan pemerintah desa dan warga setempat mulai mengembangkan kawasan agrowisata buah di daerah tersebut.

Sejumlah jenis buah-buahan khususnya durian di Desa Tapong dinilai menjadi salah satu peluang komoditi paling menggiurkan saat ini yang diharapkan mampu meningkatkan perekonomian masyarakat desa.

durian musang king

”Oleh karena itu saya mengajak masyarakat khususnya generasi muda untuk kembali ke alam mengembangkan potensi wilayah yang ada. Kita manfaatkan lahan-lahan kosong yang memang potensial sekali untuk ditanami pohon buah-buahan,” imbau Saharuna dalam rilis humas Pemkab Enrekang, April 2021.

Disebutkan Saharuna, kawasan agrowisata di Desa Tapong nantinya sangat potensial ditanami jenis Durian Musang King dan Durian Motong.

“Termasuk buah rambutan, lengkeng, dan sebagainya. Namun buah yang kami yakini akan lebih menonjol dijadikan komoditas unggulan adalah Durian Musang King yang rasanya enak dan memiliki daya jual tinggi,” terangnya.

Durian Musang King menjadi salah satu jenis durian terpopuler saat ini. Bibit durian jenis ini diketahui berasal dari Malaysia dan dikenal sebagai durian terbaik dunia.

Selain dagingnya tebal dan lembut, rasa dan kualitasnya jauh berbeda dibanding durian jenis lain.

“Saat ini sebagian besar warga Desa Tapong sudah menanamnya dan diperkirakan bisa berbuah dalam waktu 5 tahun kedepan,” tambah salah satu tokoh masyarakat , Saharuddin Pata.

Selain potensi agrowisata buah-buahan, Desa Tapong memiliki obyek wisata alam Air Terjun La Salassang. Desa ini juga pernah meraih juara 1 Lomba Halaman Asri Teratur dan Nyaman (HATINYA) PKK tingkat nasional.(*)

solusibayar

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *