DPMPTSP Lutra Gelar Bimtek Perizinan 10 Angkatan

MASAMBA, SOLUSINEWS.ID – Masih banyak pelaku usaha penanaman modal di Indonesia, salah satunya di kabupaten Luwu Utara, yang belum paham tata cara pendaftaran izin usaha online.

Terkait hal itu, DPMPTSP Kabupaten Luwu Utara kembali menggelar Bimbingan-Sosialisasi Implementasi Perizinan Berusaha dan Pengawasan Perizinan Usaha Berbasis Risiko.

Kegiatan ini dibagi dalam 10 angkatan. Setiap angkatan dihadiri 30 peserta. Kegiatan untuk Angkatan VIII, IX, dan X digelar pada 30 November 2023 sampai 2 Desember 2023.

Bacaan Lainnya

Kadis Penanaman Modal, dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP), Ir Alauddin Sukri, M.Si, menyebutkan bimtek ini dilaksanakan karena sebagian pelaku usaha penanaman modal belum memiliki izin usaha.

Selain itu, kata dia, masih ada pelaku usaha yang belum taat dan patuh memenuhi kewajibannya menyampaikan Laporan Kegiatan Penanaman Modal (LKPM).

“Termasuk juga masih ada yang belum tahu tata cara pengisian LKPM, sehingga diajarkan secara rinci bagaimana prosedur tata cara pelaporan LKPM yang benar,” ungkap Alauddin.

Ia menambahkan, penyampaian LKPM kadang tak sesuai kondisi di lapangan, sehingga diwajibkan untuk memperbaharui data yang terdapat pada masing-masing izin sesuai kondisi saat ini.

Mantan Kepala Bappelitbangda Kabupaten Luwu Utara ini menyebutkan bahwa ada dua materi yang disampaikan pada kegiatan bimtek kali ini yaitu Tata Cara Perizinan Berusaha Berbasis Risiko (OSS), serta Tata Cara Pelaporan LKPM secara Daring.

“Ada beberapa pemilik usaha mempunyai usaha lebih dari satu usaha, tetapi yang sudah didaftarkan secara daring atau online baru satu usaha, sehingga kita harapkan untuk melakukan penambahan Klasifikasi Baku Lapangan Usaha Indonesia (KBLI) pada Nomor Induk Berusaha (NIB) yang telah dimiliki sebelumnya,” papar Alauddin Sukri.

Ia mengharapkan melalui bimtek ini para pelaku usaha dapat mendaftarkan usahanya secara daring, kapan pun dan di mana pun, tanpa harus mendatangi DPMPTSP.

“Kita tetap buka layanan konsultasi pelaporan LKPM di kantor,” pungkas pria berkacamata ini.(LHr)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *