Kartu ATM Lama Bakal Diblokir, Nasabah BNI Diberi Waktu Ganti Kartu hingga April 2021

  • Whatsapp
ilustrasi pengguna ATM (source: crediful.com)

JAKARTA, SOLUSINEWS.ID – Nasabah bank pengguna ATM berbasis magnetic stripe di Indonesia tak bisa lagi menggunakan kartu ATM jenis tersebut dalam waktu dekat.

Pasalnya, sejumlah bank di Indonesia akan memblokir atau mempensiunkan kartu ATM lama yang masih berbasis magnetic stripe.

Bacaan Lainnya

Disadur dari situs kontan.co.id, hal itu berdasarkan Surat Edaran Bank Indonesia (BI) Nomor 17/52/DKSP tentang Implementasi Standar Nasional Teknologi Chip dan Penggunaan Personal Identification Number Online 6 (Enam) Digit untuk Kartu ATM dan/atau Kartu Debet yang Diterbitkan di Indonesia.

Surat Edaran Bank Indonesia tanggal 30 Desember 2015 itu bertujuan menjaga keamanan nasabah dalam bertransaksi menggunakan kartu ATM.

Olehnya, pengguna kartu ATM lama berbasis magnetic stripe disarankan segera mengganti ATM baru yang berbasis chip yang ditetapkan Bank Indonesia.

Penggunaan teknologi magnetic stripe masih diperbolehkan, namun terbatas pada kartu ATM (debet) yang diterbitkan atas dasar rekening simpanan tertentu yang memiliki saldo maksimal Rp 5.000.000 berdasarkan perjanjian tertulis antara penerbit dan nasabah.

Penggunaan standar nasional teknologi chip wajib dilaksanakan paling lambat tanggal 31 Desember 2021 untuk seluruh kartu ATM, kartu Debet, terminal ATM, terminal EDC, dan sarana pemrosesannya.

Terkait surat edaran BI tersebut, BNI memberikan waktu kepada nasabah yang masih memakai ATM magnetik untuk mengganti ATM nya dengan kartu berbasis chip hingga batas waktu 30 April 2021.

Jika sampai batas waktu tersebut nasabah bersangkutan belum menukar kartu ATM magnetiknya maka kartu ATM nya akan diblokir.

Penggantian kartu ATM lama bagi nasabah BNI dapat dilakukan di seluruh kantor cabang BNI atau melalui layanan cepat BNI SONIC (Self Service Opening Account).(*)

solusibayar

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *