Masyarakat ‘Kena Prank’ Isu Harga Pertalite Naik 1 September 2022

ilustrasi kabar kenaikan harga BBM.(redo)

SOLUSINEWS.ID – Pengamat Energi sekaligus Direktur Eksekutif Energy, Watch Mamit Setiawan, menilai masyarakat se-tanah air ibarat kena prank sekaitan isu kenaikan harga BBM jenis Pertalite per 1 September 2022.

Fakta yang terjadi pada 1 September 2022, harga Pertalite tidak mengalami kenaikan. Malah BBM jenis Pertamax Turbo, Dexlite, dan Pertamina Dex yang malah mengalami penurunan harga.

Olehnya ia meminta pemerintah segera mengambil keputusan terkait kebijakan kenaikan harga BBM bersubsidi jenis Pertalite dan Solar.

Bacaan Lainnya

Apalagi, gara-gara viralnya kabar kenaikan harga Pertalite sebesar Rp 10.000 per liter mulai 1 September 2022, warga rela antre dan berbondong-bondong ke SPBU hanya untuk membeli Pertalite dan Solar harga lama pada Rabu (31/8/2022) malam.

“Haha. Kita kena prank sepertinya,” ujar Mamit dikutip dari CNNIndonesia.com, Kamis (1/9/2022).

Sejak Agustus, memang pemerintah sudah mewacanakan kenaikan harga Pertalite.

Namun dengan belum atau batalnya pengumuman resmi kenaikan harga Pertalite pada 1 September, Mamit menduga pemerintah masih sibuk mempersiapkan bansos atau Bantuan Langsung Tunai (BLT) agar tepat sasaran.

“Mungkin jika sudah siap semua, maka penyesuaian (harga BBM) akan dilakukan,” lanjutnya.

Yang menarik malah harga 3 jenis BBM nonsubsidi justru turun per 1 September 2022.

Pertamina menurunkan harga Pertamax Turbo sebesar Rp 2.000 per liter hingga harganya menjadi Rp 15.900 per liter.

Harga Dexlite turun Rp 700 menjadi Rp 17.100 per liter sedangkan harga Pertamina Dex turun Rp 1.500 menjadi Rp 17.400 per liter.

“Sepertinya tidak mungkin dua produk yang sama yaitu BBM, ada yang naik dan ada yang turun di waktu bersamaan. Makanya, saya meminta pemerintah segera ambil keputusan. Jangan sampai masyarakat mengalami double shock kenaikan harga yang sudah mulai merambat,” paparnya.

Kabar kenaikan harga Pertalite dan Solar santer bergema dalam 1-2 pekan terakhir Agustus.

Prediksi sejumlah pejabat hingga menular ke masyarakat beranggapan kenaikan harga Pertalite dan Solar akan diumumkan pada Rabu (31/8) tengah malam.

Misalnya Menteri ESDM Arifin Tasrif yang pada Selasa (30/8/2022) lalu meminta masyarakat menunggu kabar kepastian kenaikan harga Pertalite dan Solar pada 1 September 2022.

Nyatanya, bukan harga Pertalite dan Solar yang diumumkan naik tetapi BBM jenis Pertamax Turbo, Dexlite, dan Pertamina Dex yang harganya turun per 1 September 2022.(*)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *