Mengenal Minyak Atsiri, Manfaat, dan Peluang Bisnisnya

ilustrasi tanaman sereh

SOLUSINEWS.ID – Minyak atsiri adalah cairan yang terbuat dari ekstrak berbagai macam tumbuhan. Minya dari tumbuhan alami ini memiliki bahan aktif yang banyak.

Minyak atsiri terbuat dari penyulingan bagian tanaman seperti akar, batang, kulit, daun, bunga, biji, buah, atau bagian dari tubuh tanaman.

Dari minyak atsiri ini kemudian dijadikan salah satu komoditas unggulan di Indonesia yang diolah, diproduksi, dan dipasarkan sejumlah jenis industri.

Bacaan Lainnya

Bahkan, Indonesia menjadi sebagai salah satu pengekspor minyak atsiri terbesar di dunia.

Berdasarkan data Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) RI, diperkirakan 12 jenis minyak atsiri Indonesia diekspor ke pasar internasional dari 80 minyak atsiri di dunia.

Minyak atsiri bukan hanya bermanfaat sebagai bahan baku pembuatan kosmetik, parfum, minyak angin, dan lainnya, tetapi ternyata dapat dijadikan sebagai penghemat bahan bakar minyak (BBM) kendaraan.

Baca :  Gunakan Minyak Atsiri sebagai Penghemat BBM Alami

Tanaman apa saja di Indonesia yang populer dijadikan sebagai bahan baku pembuatan atau penyulingan minyak atsiri? Berikut tanaman tersebut :

Nilam (Patchouli)

Cengkih (Clove)

Sereh (Citronella)

Akar Wangi (Vetiver)

Kenanga (Cananaga)

Cendana (Sandalwood)

Pala (Nutmeg).

Salah satu solusi hemat BBM kendaraan dengan mobilitas tinggi atau digunakan sehari-hari yaitu dengan menggunakan penghemat BBM yaitu Cleanoz.

Apa itu Cleanoz ? Cleanoz adalah produk penghemat BBM yang terbuat dari bahan baku minyak atsiri. Dalam minyak atsiri terdapat kandungan 40 persen sereh yang diklaim mampu menghemat BBM pada kondisi tertentu hingga 50 persen

Untuk pemesanan atau konsultasi reseller bisa menghubungi agen Cleanoz, Riyadh, yang berdomisili di Kota Makassar, Sulawesi Selatan di nomor : WhatsApp. 0887-4359-12665, HP. 0852-9951-4322.(*)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *