Profil Ayu Maulida Putri, Model 23 Tahun yang Raih Posisi 16 Miss Universe 2020

Model dan Putri Indonesia 2020, Ayu Maulida

SOLUSINEWS.ID – Menjadi Putri Indonesia dan kemudian mewakili Indonesia di ajang kompetisi internasional, Miss Universe, mungkin akan menjadi impian model berbakat perempuan Indonesia.

Begitupun Ayu Maulida Putri. Model yang menyandang status Putri Indonesia 2020 ini menyita perhatian publik karena mewakili Indonesia mengikuti pemilihan Miss Universe 2020 yang digelar tahun 2021.

Ayuma, sapaan Ayu Maulida Putri bahkan digadang-gadang mampu menjadi perempuan pertama Indonesia yang menyabet mahkota ratu sejagad tersebut.

Bacaan Lainnya

Walaupun pada akhirnya mahkota Miss Universe 2020 diraih Miss Mexico Andrea Meza, namun Ayu Maulida tetap menorehkan prestasi membanggakan dengan meraih Runner-up 2 Best Evening Gown.

Di ajang yang dihelat di Seminole Hard Rock Hotel & Casino, Florida, Amerika Serikat, pada Minggu (16/5/2021) malam itu, Ayu Maulida pun mampu menempati posisi 16 atau daftar 21 besar Miss Universe 2020.

Model Putri Indonesia 2020 saat mengikuti ajang Miss Universe 2020 yang digelar di Florida, AS, pada 16 Mei 2021.

Ayu Maulida terlahir dengan gelar bangsawan Jawa. Nama lengkapnya adalah Raden Roro Ayu Maulida Puteri. Anak kedua dari 3 bersaudara ini pun dibesarkan di Surabaya.

Bakat di dunia modeling Ayu Maulida memang sudah terlihat sejak kecil meskipun dari keluarganya tak memiliki rekam jejak di dunia modeling.

Ia bahkan sempat tak direstui ibundanya. Meski demikian, perempuan kelahiran kota Pahlawan Surabaya, 11 Juli 1997 ini tetap mampu mengukir deretan prestasi di dunia modeling.

Prestasinya di dunia modeling dimulai sejak ia masih di kelas 5 sekolah dasar (SD) dengan menyabet Juara 2 Lomba Hijab Sanggarwati.

“Dari kecil aku itu pingin banget jadi model. Jadi artis tapi rasanya gak mungkin. Apalagi waktu kecil aku itu tomboy, meskipun aku menyadari bahwa aku tetep punya sisi feminin,” ungkap alumni Universitas Airlangga 2015 ini bersumber dari Unair News online.

Sebelum mengikuti ajang Miss Universe 2020, sejumlah prestasi lainnya telah diukir Ayu antara lain Juara Asia Model Festival 2019, Juara Face of Asia 2019, Juara Putri Indonesia Jawa Timur, dan Juara Putri Indonesia 2020.

Selain itu, pada tahun 2015 Ayu Maulida juga terpilih sebagai salah satu delegasi Indonesia pada program exchange Model United Nations-trip ke Seoul, Korea Selatan, Harvard Model United Nations Conference ke-24.

Otak Ayu Maulida pun terbilang encer dalam pendidikan. Perempuan dengan postur tinggi 180 cm, berambut hitam, dan bermata coklat ini rupanya lulusan Sarjana Hukum Unair angkatan 2015 dengan predikat Cum Laude.

Ayu juga diketahui memiliki kegiatan sosial yang bernama Senyum Desa, sebuah kegiatan sosial berupa mengajar di pelosok desa, edukasi hidup sehat, dan pemberian pelatihan kewirausahaan.

Melalui Yayasan Senyum Desa, ia membantu masyarakat dengan visi dan misi membawa senyum dari satu desa ke desa lain melalui semangat gotong royong.

Selain mengemban tugas sebagai Putri Indonesia, saat ini Ayu juga berperan sebagai duta MPR-RI pada Satgas Penanganan Covid-19.(iar)

Data Diri Ayu Maulida Putri

  • Nama Lengkap : Raden Roro Ayu Maulida Puteri
  • Sapaan : Ayuma
  • Lahir : Surabaya, 11 Juli 1997
  • Orangtua : R Sigit Purwanto
  • IG : @ayumaulida97

Pemenang Miss Universe 2020 :

Daftar 5 besar

  1. Meksiko – Andrea Meza
  2. Brasil – Julia Gana
  3. Peru – Janick Maceta
  4. India – Adine Castelino
  5. Republik Dominika – Kimberly Jimenez

Daftar 10 besar

  1. Jamaika – Muqueal Symone Williams
  2. Puerto Rico – Estefania Soto Torres
  3. Australia – Maria Thattil
  4. Thailand – Amanda Obdam
  5. Kosta Rika – Ivonne Cerdas

Daftar 21 besar

  1. Argentina – Alina Luz Akselrad
  2. Kolumbia – Laura Olascuaga
  3. Curacao – Chantal Wiertz
  4. Prancis – Petit Amandine
  5. Inggris – Jeanette Akua
  6. Indonesia – Ayu Maulida Putri
  7. Myanmar – Thuzar Wint Lwin
  8. Nikaragua – Ana Marcelo
  9. Filipina – Rabiya Mateo
  10. Amerika Serikat – Cabang Asya
  11. Vietnam – Khanh Van Nguyen Tran. (sumber data: cnnindonesia.com)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *