Warga Sulsel Bisa Bayar Pajak Kendaraan di Indomaret

Bayaran pajak kendaraan di Indomaret
Bapenda Sulsel meluncurkan pembayaran pajak kendaraan melalui Indomaret.

SOLUSINEWS.ID — Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Provinsi Sulsel semakin memanjakan wajib pajak di Sulsel.

Masyarakat Sulsel dapat melakukan pembayaran Pajak Kendaraan Bermotor (PKB) di seluruh Indomaret di Sulsel yang jumlahnya lebih dari 500 unit.

Bayar pajak kendaraan di Indomaret seluruh Sulsel mulai berjalan sejak 11 Maret 2019 lalu.

Bacaan Lainnya

Asisten Bidang Pemerintahan Pemprov Sulsel, Salim AR, saat itu mengatakan, pajak daerah merupakan sumber pembiayaan utama pembangunan di Sulsel. Pada tahun 2019 pajak daerah, termasuk PKB, ditargetkan sebesar Rp 3,6 triliun lebih atau 89 persen dari total pendapatana asli daerah (PAD) yang ditargetkan sebesar Rp 4,133 triliun lebih.

“Dari seluruh jenis pajak, PKB memberi kontribusi terbesar dengan jumlah Rp 1,278 triliun lebih atau 35 persen dari total pajak daerah,” ujarnya.

Sementara Plt Kepala Bapenda Sulsel, Denny Irawan, pembayaran PKB di Indomaret ini melengkapi layanan unggulan yang dibuat Bapenda Sulsel untuk memudahkan masyarakat Sulsel membayar pajak kendaraan, antara lain Samsat Link, Gerai Samsat, e-payment, Samsat Keliling, drive thru, delivery order, melalui ATM, EDC, mobile banking dan masih banyak lagi.

Dia menambahkan, pembayaran PKB tidak saja berhenti pada Indomaret namun akan dikembangkan ke minimarket lainnya yang tersebar di Sulsel.

“Wajib pajak harus mendownload aplikasi e-samsat di playstore atau app store untuk mendapatkan kode tranksaksi sebelum ke Indomaret,” ujarnya, pada peluncuran pembayaran PKB di Indomaret Boulevard Makassar pada Senin 11 Maret 2019 lalu.

Aplikasi e-Samsat Sulsel dapat diunduh di play store dan app store. Kemudian masukan data yang diminta seperti nomor kendaraan, NIK, email, nomor HP, dan nomor rangka untuk mendapatkan kode bayar.

Kode bayar ini kemudian dibawa ke Indomaret untuk melakukan PKB. Selanjutnya masyarakat diberi waktu dua minggu ke Samsat terdekat untuk mendapatkan notice pajak dan pengesahan STNK.

Sedangkan Santoro Sigit mengatakan, peluncuran pembayaran PKB Sulsel di Indomaret ini adalah yang kedua setelah Jawa Barat.

“Kami berharap pembayaran PKB melalui Indomaret dapat memudahkan masyarakat Sulsel karena Indomaret hadir di seluruh wilayah Sulsel yang jumlahnya lebih dari 500 gerai,” ungkapnya.

Pembayaran pajak melalui Indomaret ini digagas oleh Asisten Administrasi Pemprov Sulsel, Tautoto TR yang ketika itu menjabat sebagai Kepala Bapenda Sulsel.

Peluncuran pembayaran PKB melalui Indomaret ini juga dihadiri Sekretaris Bapenda Sulsel, Kemal Redindo Syahrul Putra, kepala bidang, serta Kepala UPT Bapenda Sulsel dari sejumlah daerah, dilansir dari sulselonline.com, Kamis (10/9/2020). (*)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *