Ini 3 Akses Pendakian Gunung Latimojong yang Dibuka Dispopar Enrekang

  • Whatsapp
Kepala Dispopar Enrekang, Dadang Sumarna, Sekcam Baraka, dan Sekdes Pepandungan, berbincang mengenai sosialisasi surat edaran Bupati Enrekang tentang pembukaan wisata pendakian Gunung Latimojong. (Dispopar Enrekang)

ENREKANG, SOLUSINEWS.ID – Ada tiga akses atau pos masuk jalur wisata pendakian Gunung Latimojong di Kabupaten Enrekang yang dibuka Pemerintah Kabupaten Enrekang melalui Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga (Dispopar) Enrekang.

Tiga pos lapor dan jalur pendakian itu wajib dilalui wisatawan dan pendaki yang ingin melakukan kegiatan di kawasan wisata pendakian Gunung Latimojong yang telah dibuka kembali sejak 1 Maret 2021.

Bacaan Lainnya

Jalur dan pos pendakian yang dibuka tersebut :

1. Dusun Karangan, Desa Latimojong, Kecamatan Buntu Batu

2. Dusun Angin-Angin, Desa Latimojong Kecamatan Buntu Batu

3. Desa Pepandungan, Kecamatan Baraka.

Berdasarkan laporan Dispopar Enrekang, Kamis (18/3/2021), Camat Baraka, Camat Buntu Batu, Kepala Desa Latimojong, dan Kepala Desa Pepandungan, telah siap menyambut pengunjung yang akan melakukan wisata pendakian.

Dalam penerapan protokol kesehatan pandemi, mereka telah menyiapkan alat cuci tangan di gerbang desa.

Selain itu, dipasang papan bicara di sejumlah sudut desa tentang aturan-aturan yang wajib dipatuhi wisatawan dan pendaki.

Puncak Rante Mario Gunung Latimojong, Kabupaten Enrekang. (FB Kompala)

Gunung Latimojong merupakan gunung tertinggi di Sulawesi dengan ketinggian mencapai 3.478 meter di atas permukaan laut (mdpl).

Puncaknya bernama Rante Mario atau Bulu Rante Mario. Namun, ada beberapa puncak atau bulu lain ‘saudara’ Rante Mario. Berikut nama 6 puncak tersebut :

1. Buntu Sinaji, tinggi 2.430 mdpl

2. Buntu Sikolong (2754 mdpl)

3. Buntu Bajaja (2.700 mdpl)

4. Buntu Latimojong (2.800 mdpl)

5. Rante Kambola (3.083 mdpl)

6. Buntu Nenemori (3.097 mdpl)

Gunung Latimojong juga menduduki urutan ke 5 gunung tertinggi dalam daftar “Seven Summits of Indonesia” atau 7 puncak gunung tertinggi di Indonesia.(*)

solusibayar

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *