Pendaki Gunung Latimojong Wajib Miliki Surat Rapid Antigen

  • Whatsapp
Staf Dinas Pariwisata Enrekang berfoto bersama di sela-sela acara pembersihan destinasi Villa Emas Latimojong. (Dispopar Enrekang)

ENREKANG, SOLUSINEWS.ID – Destinasi dan jalur wisata pendakian Gunung Latimojong di Kabupaten Enrekang, Sulawesi Selatan, memang telah dibuka sejak 1 Maret 2021.

Namun, ada prosedur yang perlu diketahui bagi wisatawan maupun pendaki yang berminat menjejaki pendakian gunung tertingi dan ekstrim di Sulawesi Selatan ini.

Bacaan Lainnya

Kepala Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga (Dispopar) Enrekang, Dadang Sumarna, menyebutkan hal itu tertuang dalam Surat Edaran Bupati Enrekang Nomor 338/476/Dispopar/2021 Tentang Pembukaan Obyek Wisata Jalur Pendakian Gunung Latimojong.

Dalam surat edaran bupati tersebut memuat ketentuan-ketentuan yang harus dipatuhi pendaki.

Diantaranya penerapan protokol kesehatan pandemi dimana setiap pendaki yang akan melakukan kegiatan pendakian diwajibkan menggunakan masker, mencuci tangan, dan jaga jarak.

Ada lima poin di dalam surat edaran yang harus dipatuhi para wisatawan atau para pendaki.

“Salah satu yang paling penting adalah pengunjung dari luar Kabupaten Enrekang wajib memperlihatkan surat keterangan rapid antigen,” terang Dadang yang juga penanggung jawab obyek wisata Gunung Latimojong, Kamis (18/3/2021).

Sebelumnya, kawasan wisata dan pendakian Gunung Latimojong ditutup oleh pemerintah setempat karena pandemi Covid-19 sejak pertengahan tahun 2020.

Gunung Latimojong memiliki ketinggian 3.478 meter dari permukaan laut (MDPL). Puncaknya bernama Bulu Rante Mario atau akrab disebut puncak Rante Mario.

(Grafis : Yuk Jelajah/Jamal Mahfudz)

Gunung ini menduduki urutan 5 dalam daftar “Seven Summits of Indonesia” atau 7 puncak gunung tertinggi di Indonesia.(*)

solusibayar

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *