Cukup Bawa KTP, Ganti Kartu ATM Chip di Kantor BCA Tak Sampai 5 Menit

Karyawati BCA menggunakan mesin CS Digital BCA. (bca.co.id)

MAKASSAR, SOLUSINEWS – Mengganti kartu debit ATM BCA berbasis magnetic stripe dengan kartu baru ATM BCA berbasis chip rupanya cukup mudah dan cepat.

Penggantian kartu ATM BCA berbasis chip bisa dilakukan secara online dan offline. Untuk online, bisa dilakukan dengan mengajukan penggantian kartu melalui fitur aplikasi BCA Mobile.

Pengajuan penggantian kartu ATM BCA chip ini selanjutnya bisa dipilih apakah ingin mengambilnya sendiri di kantor BCA terdekat atau memilih dikirimkan pihak BCA ke rumah nasabah bersangkutan.

Bacaan Lainnya

Sementara untuk offline, nasabah BCA bisa langsung datang ke kantor BCA cabang terdekat. Malah prosesnya terbilang cukup cepat dibanding mengajukan penggantian kartu ATM melalui online (BCA mobile).

Caranya bagaimana ?

Gampang kok, nasabah BCA cukup membawa dokumen berupa KTP elektronik yang berlaku (telah teraktivitasi disdukcapil) ke kantor BCA.

Dengan KTP tersebut, nasabah BCA tidak lagi diberi nomor antrean dan menunggu lama untuk dipanggil lalu dilayani costumer service (CS) bank.

Namun, ada petugas security ‘ganteng’ BCA yang dengan ramah siap menemani, memandu, dan melayani proses penggantian kartu ATM nasabah hingga tuntas melalui mesin CS Digital BCA.

Seperti yang terlihat di kantor Cabang BCA Panakukkang, Jl Boulevard Raya, Kota Makassar, pantauan awak solusinews.id, Senin (22/11/2021),

Beberapa petugas/security BCA Cabang Panakukkang melayani langsung nasabah yang ingin mengganti kartu ATM lama (magnetik) dengan ATM terbaru berbasis chip.

Bukan hanyan itu, security BCA setempat juga mampu melayani nasabah yang ingin mengurus atau mengaktifkan aplikasi BCA mobile di ponselnya.

Terdapat dua mesin CS Digital BCA yang tersedia untuk mengganti kartu ATM BCA lama nasabah dengan kartu terbaru ATM BCA berbasis chip.

KTP nasabah tersebut nantinya akan digunakan dan ditempelkan pada sebuah layar sensor digital pada mesin CS Digital BCA untuk mencetak dan mengeluarkan kartu ATM terbaru yang telah berbasis chip.

kartu atm bca chip
Kartu ATM BCA versi lama (magnetic stripe) dan kartu ATM BCA terbaru berbasis chip. (solusinews.id)

Bila KTP nasabah tak bermasalah, maka hanya butuh waktu sekitar 3 menit saja, maka kartu ATM BCA terbaru sudah keluar dan bisa dibawa pulang atau digunakan bertransaksi di ATM BCA saat itu juga.

Ganti PIN BCA Mobile

Setelah memiliki kartu ATM BCA terbaru berbasis chip, maka nasabah bersangkutan yang juga memiliki aplikasi mobile banking/BCA Mobile, diharuskan mereset atau mengganti nomor PIN pada BCA Mobile-nya.

Bila masih ingin menggunakan nomor PIN lama, maka caranya tetap masukkan dulu PIN lama, lalu isi kolom PIN baru dan kolom konfirmasi PIN baru.

fitur BCA Mobile

Setelah itu barulah aplikasi BCA Mobile bisa terbuka. Nah, untuk kembali menggunakan nomor PIN lama, karena mungkin lebih gampang diingat, cukup masuk ke fitur “M-admin”, lalu pilih “GANTI PIN”.

Ikuti petunjuk pengisian kolom penggantian nomor PIN hingga tuntas dan nasabah bisa kembali menggunakan nomor PIN lamanya.

fitur bca mobile

Bila belum tahu cara mengganti PIN di BCA Mobile, jangan khawatir, selama masih di kantor BCA setempat, ada petugas security BCA yang selalu siap memandu dan berada di samping Anda untuk menyelesaikannya.

Penggantian kartu ATM BCA dari magnetik ke chip berlaku hingga 30 November 2021. Bila belum dilakukan maka penggunaan kartu debit ATM lama akan otomatis terblokir mulai 1 Desember 2021.

Kebijakan penggunaan kartu ATM berbasis chip ini berdasarkan kebijakan Bank Indonesia. Penggantiannya gratis atau tidak ada biaya sepeserpun yang dibebankan kepada nasabah.

Tujuannya meningkatkan keamanan transaksi kartu debit baik dari sisi nasabah, toko/merchant, maupun bank sebagai penyedia jasa.

Kartu ATM berbasis chip dianggap lebih aman dalam bertransaksi dibanding menggunakan kartu ATM berbasis magnetic stripe karena mengurangi risiko pencurian data nasabah maupun transaksi skimming.(*)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *