Kepala LLDikti 9 Andi Lukman Pimpin Pelantikan 315 Taruna Baru Polimarim AMI, Ini Pesannya?

PELANTIKAN. Kepala Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDikti) Wilayah 9 Sulawesi Selatan, Barat, dan Tenggara (Sultan Batara) Dr Andi Lukman MSi berfoto bersama Direktur Polimarim Dr Amrin Pettarani, Prof Jasruddin, dan pejabat LLDikti 9. Kepala LLDikti 9 memimpin pelantikan taruna baru Politeknik Maritim AMI Makassar (Polimarim), Senin (25/9/2023). (dok polimarim ami)

MAKASSAR, SOLUSINEWS.ID – Kepala Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDikti) Wilayah 9 Sulawesi Selatan, Barat, dan Tenggara (Sultan Batara) Dr Andi Lukman MSi memimpin pelantikan taruna baru Politeknik Maritim AMI Makassar (Polimarim), Senin (25/9/2023).

Taruna baru Polimarim AMI Makassar Tahun Akademik 2023/2024 yang dilantik berjumlah 315 orang. Pelantikan dilangsungkan di lapangan upacara Kampus Polimarim AMI, Jalan Nuri Baru No 1, Kecamatan Mamajang, Kota Makassar.

Hadir pada upacara pelantikan ini Direktur Polimarim AMI Dr Amrin Pettarani SE ST MM MAP beserta jajaran pimpinan, segenap civitas akademika, unsur TNI dan Polri, hingga sebagian orang tua taruna.

Bacaan Lainnya

Tampil sebagai Inspektur Upacara (Irup), Andi Lukman mengucapkan selamat untuk taruna-taruni baru yang dilantik.

“Selamat untuk taruna-taruni baru yang dilantik. Selamat untuk taruna yang naik ke tingkat lebih tinggi. Kalian sudah memilih perguruan tinggi yang tepat untuk mengantar kalian meraih kesuksesan,” ujar Lukman.

Lebih lanjut Andi Lukman menegaskan Polimarim merupakan pendidikan tinggi vokasi yang menekankan lebih banyak ke praktik, bukan sebatas teori semata. “Kampus ini mematuhi semua peraturan dari Kemendikbud,” lanjutnya.

Di hadapan taruna-taruni baru, Andi Lukman menjelaskan jika Polimarim AMI merupakan salah satu kampus di lingkungan LLDikti 9 yang sudah memberlakukan Merdeka Belajar jauh sebelum pemerintah memberlakukan Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM).

“Polimarim AMI Makassar merupakan kampus vokasi yang sudah duluan memberlakukan Merdeka Belajar. Sebab di sini muatan praktik lebih banyak. Bahkan magang kerjanya selama setahun di kapal,” jelasnya.

Kampus Polimarim AMI, tegas Andi Lukman, menjadi satu dari sedikit perguruan tinggi di bawah naungan LLDIKTI wilayah 9 yang menekankan pendidikan kedisiplinan. Bahkan taruna diwajibkan mengikuti diklat bela negara.

Sementara itu, Direktur Polimarim AMI Amrin Pettarani menegaskan bahwa pada tahun ini, pelamar Polimarim mencapai 600-an orang. Namun hanya separuhnya yang melakukan registrasi ulang. Taruna baru Polimarim tahun ini juga lebih bervariasi.

“Sebab ada taruna kita yang berasal dari Pulau Sumatera, seperti dari Palembang Sumatera Selatan, dari Bangka Belintung, dari Padang Sumatera Barat hingga dari Batam Kepulauan Riau,” jelas Amrin.

Sedangkan Wakil Direktur 1 Darwis SE MM yang membacakan SK Direktur Polimarim AMI Makassar No 31 Tahun 2023 tentang rincian taruna baru yang dilantik.

Dari total 315 taruna baru terdiri diri; taruna program studi (prodi) manajemen pelabuhan 41 orang, prodi transportasi laut (TL) 83 orang, prodi studi nautika (SN) 89 orang, prodi permesinan kapal (PK) 91 orang.

Berikutnya prodi bisnis dan logistik maritim (BLM) sebanyak 9 orang, prodi manajemen logistik (ML) 3 orang dan prodi teknologi rekayasa permesinan kapal (TRPK) 2 orang. Ketiga prodi ini masih terbilang baru menerima taruna di tahun 2023 ini.

“Tidak hanya pelantikan taruna baru, pada hari ini juga dilantik taruna yang naik tingkat 2 sebanyak 317 orang dan taruna yang naik ke tingkat 3 sebanyak 270 orang,” ucap Darwis. (*)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *